Mobile Menu

navigasi

More News

Kuliah online, Membawa Perubahan Dunia Pendidikan

Mei 31, 2021
 


Di pertengahan tahun 2020 hingga 2021 ini mengharuskan dunia pendidikan memiliki langkah baru dalam memberikan pengajaran sekaligus pembelajaran bagi seluruh mahasiswa. Perkuliahan secara tatap muka bukan lagi menjadi kewajiban utama mahasiswa dalam mengemban ilmu di bangku perkuliahan, melainkan aktivitas perkuliahan berubah menjadi online atau dilaksanakan secara daring, guna untuk mengurangi aktivitas secara langsung dan menjaga jarak aman agar dapat memutus rantai penyebaran virus corona. Tidak hanya itu, belajar online menjadi bentuk adaptasi baru yang sudah menjadi kegiatan rutin dalam melaksanakan perkuliahan dengan pengajar melalui media penghubung seperti video conference, online class, hingga website online learning yang diperuntukkan sebagai akses belajar online mahasiswa dan pengajar untuk memberikan maupun mendapatkan modul, materi, hingga kebutuhan pembelajaran lainnya dari masing-masing institusi perguruan tinggi. Kebijakan belajar online ini sudah diterapkan oleh seluruh institusi perguruan tinggi dalam memberikan kemudahan mahasiswa agar tetap mendapatkan pembelajaran melalui daring.


Fenomena ini tentunya menjadi salah satu hal penting agar dunia pendidikan tetap dapat terlaksana secara sistematis dan memberikan keuntungan baik bagi mahasiswa maupun pengajar sekaligus. Berbagai aplikasi dan platform seperti online learning sebagai bentuk fasilitas dukungan untuk menunjang keberlangsungan belajar mahasiswa melalui kuliah online tersebut, yaitu sebutan proses perkuliahan melalui online. Seiring berjalannya waktu, kuliah online ini juga memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada mahasiswa dalam meningkatkan kredibilitas, kompetensi, hingga kreativitasnya untuk tetap bisa aktif dalam berbagai  kegiatan diluar kampus seperti mengikuti kelas online secara gratis yang dapat diakses, webinar, workshop online, internship online (work from home), dan lain sebagainya dengan pengaturan waktu dari tiap individu. Hal ini kerap menjadi nilai positif sekaligus keuntungan yang didapat karena fleksibilitas waktu dari kuliah online yang memberi manfaat cukup banyak bagi mahasiswa untuk tetap bisa mengembangkan dan melatih kemampuannya diluar perkuliahan.




Tidak hanya itu, kuliah online yang dirancang melalui media pembelajaran dan ditampilkan dalam bentuk modul kuliah, rekaman video, audio, atau tulisan oleh pihak akademi atau universitas juga memberikan ruang gerak lainnya yang cukup bermanfaat, seperti yaitu mahasiswa dapat lebih memiliki waktu yang cukup luas untuk mengeksplore materi melalui self learning materials. Mahasiswa dilatih untuk bisa menggunakan waktu dengan cermat untuk meningkatkan kemampuan belajar mandiri, meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, dan meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi. Oleh karenanya, mahasiswa secara tidak langsung harus memiliki sense of interest untuk dapat mengolah waktu dengan baik.


Kuliah online hadir untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi dengan fleksibilitas waktu yang dapat memberikan keuntungan dan manfaat lebih bagi mahasiswa. Dengan keuntungan tersebut, dunia pendidikan tidak hanya berkutat pada siklus perkuliahan yang hanya dapat diakses melalui tatap muka di bangku perkuliahan saja, melainkan akses metode pembelajaran menggunakan media daring atau online. Kesempatan ini membuka mata di dunia pendidikan bahwasanya, universitas bukan serta merta wadah yang hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru dengan prosedur tatap muka. Maka dari itu, sistem perkuliahan secara daring atau online merupakan bentuk respon positif yang perlu perhatian khusus agar bisa meningkatkan kredibilitas pengajaran dan pembelajaran melalui online tersebut, guna memberikan mutu pendidikan dengan kualitas dan kuantitas pembelajaran terbaik. Selain itu, sistem kuliahonline juga diharapkan dapat menjadi bentuk perubahan dengan optimalisasi yang mumpuni untuk melihat lebih luas jangkauan ataupun manfaat dari perkuliahan daring atau online ini.


Dari beberapa keuntungan yang didapatkan diatas, semuanya bisa kalian dapatkan dengan mudah melalui perkuliahan di UHAMKA Online Learning, dengan sistem pembelajaran yang dilakukan secara online, baik kelas maupun ujian.

Tunggu apa lagi? Yuk gabung di UHAMKA Online Learning sekarang juga, https://onlinelearning.uhamka.ac.id

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar