Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Harga BBM Pertalite, Pertamax, dan Solar Naik Hari Ini

Harga BBM Pertalite, Pertamax, dan Solar Naik Hari Ini Terkini.co.id- Presiden Joko Widodo mengumumkan naiknya harga bahan bakar minyak ...

Harga BBM Pertalite, Pertamax, dan Solar Naik Hari Ini


Terkini.co.id- Presiden Joko Widodo mengumumkan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dari Pertalite, Pertamax, dan Solar. Harga terbaru BBM subsidi dan non-subsidi tersebut mulai berlaku pada Sabtu (03/09/2022).


"Saat ini pemerintah membuat keputusan dalam situasi yang sulit. Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM sehingga harga beberapa jenis BBM akan mengalami penyesuaian," kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, dilansir dari Kompas pada Sabtu (03/09/2022).



Kemudian, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan penyesuaian harga BBM terbaru mulai sore nanti yaitu sebagai berikut:

  • Harga Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter
  • Harga Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 per liter
  • Harga Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter



Sri Mulyani sebgai Menteri Keuangan menuturkan bahwa anggaran subsidi dan kompensasi energi akan kembali membengkak sampai Rp 198 triliun, jika saja tidak ada kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar.


Dia menyampaikan hingga kini anggaran subsidi dan kompensasi energi untuk 2022 ditonggak sebesar Rp 502,4 triliun. Sebuah angka yang bisa dibilang membengkak Rp 349,9 triliun dari anggaran awal sebesar Rp 152.1 triliun guna menahan terjadinya kenaikan harga BBM di masyarakat.



Tetapi karena kondisi berikutnya kenikan harga minyak mentah dan pelemahan kurs rupiah, diperkirakan anggaran itu tidak akan cukup sampai akhir tahun. Terutama pada konsumsi Pertalite dan Solar diperkirakan akan melampaui kuota yang sudah diatur.



"Kami perkirakan subsidi itu harus tambah lagi, bahkan bisa mencapai Rp 198 triliun, menjadi di atas Rp 502,4 triliun. Jadi nambah, kalau kita tidak menaikkan (harga) BBM, kalau tidak dilakukan apa-apa, tidak ada pembatasan," tutur Sri Mulyani.






( Gambar: Instagram @sekretariat.kabinet )





Tags: isi bensin pertalite, harga minyak per hari ini, gas 3 kg untuk siapa

Reponsive Ads