Mobile Menu

navigasi

More News

Tidak Perlu Khawatir, Ini dia 9 Cara Membasmi Rayap

Juni 12, 2021


Siapa yang tidak ingin jika perabotan di rumah terhindar dari rayap? Tentunya tiap orang menginginkan hal tersebut. Perabotan seperti kusen, lemari, kursi, dan furniture lain yang terbuat dari kayu serta dokumen, tumbuhan atau benda-benda lembab akan termakan oleh rayap atau keropos. Hal itu membuat perabotan atau furniture di rumah tidak tahan lama dan akan dirugikan dalam waktu bersamaan untuk mengganti dengan perabotan baru. 

Sebagai hama koloni, rayap menjadi salah satu persoalan yang sangat menjengkelkan bagi semua orang. Gangguan rayap ini tentunya perlu pencegahan dengan cara yang ampuh dan solutif. Jadi penting sekali untuk diketahui bagaimana cara membasmi rayap agar kondisi rumah serta furniture di dalam sebuah hunian tetap terjaga. Cara membasmi rayap harus dengan cara yang tepat dan benar serta dengan perawatan berkala supaya rumah bebas dari rayap.

Ada beberapa cara membasmi rayap yang digunakan agar furniture dan beberapa barang lainnya yang mudah lembab di hunian atau rumah tetap terawat dan terhindar dari kerusakan rayap, seperti :

1. Memanfaatkan cahaya matahari, cara ini merupakan cara yang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Suhu sinar matahari dapat membantu dan memiliki manfaat yang bagus untuk meredam adanya rayap. Ruangan atau beberapa furniture yang sensitif terhadap kelembapan, sinar matahari akan menjaga kondisi kelembapan udara, sehingga ruangan dan beberapa furniture tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan rayap.

2. Menggunakan larutan garam, cara lain yang juga terbilang mudah dan hemat. Cukup dengan mencairkan semangkuk garam dengan setengah liter air, dapat membantu mengurangi kerusakan rayap. Kandungan garam yang tinggi dapat bekerja dengan maksimal pada rayap. Cukup semprotkan cairan tersebut pada rayap, hingga membuat rayap lemas dan mati setelah beberapa saat pengunaan.

3. Menggunakan pendingin ruangan, meskipun rayap menyukai kelembapan, namun suhu yang esktrim akan menjadikan rayap mati secara tiba-tiba. Dengan begitu menghidupkan AC di dalam ruangan dengan terendah akan berdampak baik untuk menyingkirkan rayap. 

4. Hindari dan bersihkan genangan air, cara ini cukup terbilang efektif untuk mengurangi munculnya rayap dan berkembang biak. Dengan membersihkan genangan air baik di halaman ataupun selokan di sekitarnya, dapat membasmi rayap. 

5. Menutup retakan di sudut ruangan dalam rumah, mencegah rayap dengan memeriksa kondisi rumah secara berkala merupakan salah satu cara untuk mengurangi munculnya rayap. Menutup retakan di sudut-sudut ruangan rumah dengan menggunakan semen putih atau campuran semen dengan air dapat memberikan ruang terbatas bagi rayap. Kondisi rumah pun menjadi aman dan tidak kewalahan karena tidak ada timbulnya rayap.

6. Beri jarak antara furniture dengan dinding dan lantai, hal kecil namun patut dilakukan. Kondisi bangunan rumah yang didominasi oleh ketersediaan furniture berbahan kayu yang cukup padat, memberikan pemicu timbulnya rayap berkembang biak. Maka dari itu, beri jarak antara furniture berbahan kayu dengan dinding dengan alas atau bantalan sehingga ada jarak dengan tanah. 
Cara ini cukup efektif dan berguna untuk membantu membasmi rayap yang muncul dari tanah untuk masuk ke dalam bangunan dengan memanfaatkan media kayu, terutama kayu yang digunakan bukan berjenis kayu solid dan diolah dengan baik. Hal ini akan mudah menimbulkan uap air, sehingga rayap dapat berkembang biak dengan mudah. 

7. Siram menggunakan air sabun, cara ini berfungsi untuk mengganggu sistem pernafasan rayap. Kemudian rayap akan lebih mudah mati karena tidak ada pasokan oksigen ke dalam tubuh. Dengan melarutkan sabun cair hingga encer, dan disemprot menggunakan wadah ke beberapa sudut ruangan atau furniture yang diserang rayap, dapat membantu rayap tidak muncul kembali. 

8. Membasmi dengan kapur barus, merupakan cara sederhana lain yang juga bisa digunakan. Secara umum, kapur barus memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membasmi rayap. Kandungan naftalena ini cukup efektif dalam membasmi rayap. Bau yang menyengat dan wangi tersebut tidak disukai oleh rayap. Maka dengan meletakkan kapur barus di sudut-sudut ruangan dan furniture kayu yang rentan kena serangan rayap sangat membantu membasmi rayap.

9. Menggunakan jasa pembasmi rayap professional, cara ini dapat dibilang cara alternatif yang cukup memberikan kemudahan bagi pemilik rumah yang terserang oleh rayap. Memanggil jasa pembasmi rayap professional untuk membasmi dengan tepat dan benar, dapat memberikan kebebasan rumah dari serangan dan tempat berkembang biaknya rayap. Cara ini dapat dilakukan secara berkala guna mengurangi kerugian yang didapat akibat serangan rayap yang membandel.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar