Mobile Menu

navigasi

More News

Cara Cetak Stiker Mudah dan Praktis

Juli 17, 2021


Melakukan cetak stiker sebenarnya merupakan hal yang cukup tricky, apalagi jika mencetak stiker sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tidak bisa terburu-buru agar hasil yang diinginkan sesuai. Apalagi kebutuhan stiker sudah menjadi kebutuhan utama untuk berbagai fungsi, terutama untuk kebutuhan promosi produk kemasan makanan.

Berikut akan kami beritahu bagaimana cara cetak stiker sendiri dengan mudah secara lengkap!

Cara cetak stiker yang dilakukan secara sendiri bisa disesuaikan dengan keinginan baik dari desain stikernya hingga jumlah stiker dalam kuantitas yang tidak begitu besar, maka melakukan cetak stiker sendiri masih dapat dikendalikan dengan sendiri juga. Mulai dari cetak stiker kertas dengan bahan sederhana hingga cetak stiker vinyl yang melalui proses cutting stiker, bisa dilakukan dengan sendiri.

Namun sebelum memberitahu cara cetak stiker, hal yang perlu diketahuai adalah bagaimana proses percetakan stiker biasa lakukan, agar ketika melakukan pencetakan stiker secara sendiri, kamu akan mendapatkan gambaran prosedurnya.

Pada digital printing, cetak stiker umumnya menggunakan bahan vinyl ukuran besar umunya mulai dari A3 ke atas (A2, A1, dan seterusnya). Hal itu dapat disesuaikan dengan kapasitas dari mesin cetak yang mereka miliki.

Desain stiker akan diatur settingannya pada komputer, biasanya pengunaan desain software semacam coreldraw, photoshop, maupun illustrator dapat disesuaikan dengan ukuran kertas stiker yang akan dicetak. Kemudian, proses percetakan dapat berjalan layaknya proses printing biasa yang umum dilakukan menggunakan printer di rumah.

Setelah itu stiker yang telah dicetak kemudian akan diberikan finishing laminasi jika diperlukan, dan kemudian akan dimasukkan pada mesin plotter apabila memerlukan cutting. Nah, pada proses cutting ini dapat disetting menggunakan software khusus guna mengatur bagian pinggiran desain yang di plot agar terbentuk garis potongannya.

Lalu apa saja sih alat yang biasa digunakan saat melakukan cetak stiker?

Alat yang paling utama adalah komputer atau laptop, software untuk cetak stiker, software untuk plotter/cutting, mesin cetak stiker, mesin laminasi, dan mesin plotter.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tips dan cara cetak stiker mudah yang bisa kamu lakukan dan tentunya tidak perlu menyediakan alat-alat seperti yang dimiliki oleh layanan digital printing di atas. Anda bisa memilih untuk menggunakan printer iinkjet atau laser milik sendiri yang anda punya dan beberapa alat sederhana lainnya.

Pertama adalah cara cetak stiker HVS. Hal yang perlu dilakukan pertama-tama adalah dengan memberikan cara buat stiker HVS sendiri yang memerlukan biaya yang lebih murah dibandingkan yang lainnya. Kamu perlu menyipakan alat-alat, seperti :

1.      Mesin printer inkjet atau laser ukuran A4 ke atas,

2.      Kertas stiker bahan HVS ukuran A4 ke atas,

3.      Kertas stiker transparan, (ini opsional, ya!),

4.      Gunting, cutter, dan penggaris,

5.      Komputer atau laptop yang sudah terdapat software editing (photoshop, coreldraw, illustrator).

Lalu, bagaimana langkah membuat stiker HVS tersebut? Yuk simak pemaparannya!

1.      Pastikan kamu sudah membuat desain untuk stiker yang akan dicetak nanti menggunakan photoshop, coreldraw, maupun illustrator. Jangan lupa untuk buat garis tepian pada stiker agar mudah untuk melakukan proses pemotongan ya!

2.      Jangan lupa untuk memastikan printer inkjet atau laser yang bisa terhubung pada komputer dan bisa untuk printing.

3.      Cetak desain pada mesin printer dengan kertas stiker HVS

4.      Setelah itu, kamu bisa langsung memotong stiker menggunakan pola garis tepian yang sudah ada sebelumnya. Jika stikermu ingin tahan lebih lama/awet, kamu bisa melapisinya dengan stiker transparan terdahulu sebelum dipotong.

5.      Pastikan saat melapisi stiker dengan bahan transparan tersebut tidak ada gelembung dan sudah menempel dengan baik.

6.      Lalu potong stiker mengikuti pola garis tepian, dan selesai.

Selanjutnya, cetak stiker menggunakan bahan vinyl. Nah sebenarnya alat yang digunakan pada dasarnya sama saja seperti diatas, tapi ada penambahan yaitu tinta khusus mencetak pada vinyl (apabila menggunakan printer inkjet), bahan stiker vinyl ukuran A4 ke atas (cari yang bisa untuk printer inkjet apabila menggunakan mesin printer), dan lembaran stiker transparan untuk pelapis, untuk hal ini bersifat opsional, ya!

Setelah semua peralatan sudah lengkap, selanjutnya langkah-langkah yang perlu kamu lakukan, yaitu :

1.      Seperti stiker HVS, pastikan kamu sudah membuat desain stikermu, ya!

2.      Kemudian pastikan printer sudah terisi dengan tinta khusus dan bahan vinyl sudah dimasukkan ke dalam tray printer

3.      Jangan lupa, [astikan printer sudah terhubung,

4.      Cetak stiker tersebut, lalu tunggu hingga tinta benar-benar kering,

5.      Lalu lapisi dan tempelkan dengan stiker transparan di permukaan sikter yang telah dicetak agar hasilnya lebih awet

6.      Usahan tidak ada gelembung pada saat proses pelapisan,

7.      Potong stiker sesuai pola menggunakan gunting atau cutter, dan selesai.

Bagaimana? Mudah kan? Kedua cara cetak stiker tersebut dapat anda lakukan, apalagi jika anda menggunakan kemasan produk dengan jenis kemasan yang juga menarik. Misalnya menggunakan kemasan produk standing pouch, yang bisa jadi solusi kemasan produk anda agar tampil lebih cantik dan menarik untuk konsumen. Cari desain standing pouch yang memiliki kualitas bagus, dan juga pastikan desain stiker kamu juga menarik ya!

Namun tentu, jika kamu memerlukan cetak stiker dengan kuantitas yang besar, penggunaan jasa printing sangat disarankan, tujuannya agar hasil stiker yang kamu inginkan bisa sesuai dengan pilihan dan keinginanmu untuk kebutuha promosi produk. Pemilihan kemasan juga menjadi hal terpenting, agar kondisi produk kamu tetap aman hingga di tangan konsumen, misalnya menggunakan standing pouch.

Semua itu bisa kamu dapatkan melalui https://sinarpelitaprinting.com

Jasa printing dan cetak stiker Sinar Pelita Printing bisa menjadi solusi sempurna untuk kemasan kamu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk jadikan kesempurnaan produk kamu melalui Sinar Pelita Printing!

 

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar