Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Study Life Balance-nya Mahasiswa

Akhir-akhir ini banyak bermunculan istilah studi life balance yang sering dibahas di kalangan generasi dan juga generasi z istilah tersebut ...


Akhir-akhir ini banyak bermunculan istilah studi life balance yang sering dibahas di kalangan generasi dan juga generasi z istilah tersebut dipandang sama seperti istilah work life balance yang berarti keseimbangan untuk membagi antara waktu kerja dan waktu bersantai. 

Kesibukan para mahasiswa masa kini apalagi dengan sudah diterapkannya pembelajaran tatap muka setelah pandemi covid-19 berakibat mahasiswa tidak bisa menyeimbangkan kehidupan di kampus dan kehidupan sosial untuk dirinya sendiri.

Menurut university of Worcester, hidup seimbang terjadi ketika pelajar maupun mahasiswa menampilkan usaha terbaiknya dalam menangani tugas akademis sekaligus mampu meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas sosial olahraga dan budaya. Lalu bagaimana caranya mahasiswa menyeimbangkan kehidupan di kampus dengan kehidupan pribadinya berikut ulasannya

1. Menentukan skala prioritas

Produktivitas sehari-hari dapat tercapai dengan menentukan prioritas dan pembagian waktu. Memilah-milah prioritas yang mesti didahulukan akan memudahkan mahasiswa untuk mengatur waktunya.

2. Sistem reward myself

Melakukan berbagai pekerjaan baik itu mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas yang diwajibkan oleh dosen tentu itu sangat melelahkan. Maka dari itu memberi apresiasi dan reward kepada diri sendiri setelah melakukan berbagai aktivitas studi bisa menjadi cara untuk melakukan studi life balance.

3. Melakukan kegiatan di luar studi

Sesekali jalan-jalan, main ke mall, mencari suasana baru, bertemu teman, ikut volunteer, organisasi maupun kegiatan di luar studi dapat menjadi cara agar study life balance bisa terjadi. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut bisa dipastikan dirimu tidak akan bosan dalam menjalani kehidupan kampus.

Itulah tadi penjelasan mengenai study life balance bagi mahasiswa dan bagaimana caranya agar studi like balance itu bisa terjadi. Intinya jangan memforsir diri sendiri untuk melakukan segala kegiatan akademis jika merasa lelah maka bertepilah.

 


Reponsive Ads