Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Self Healing Jadi Resolusi di Tahun 2023: Kita Sudah Banyak Berjuang di 2022

Sumber Gambar: freepik.com Tahun sudah berganti lagi, apa yang belum kamu lakukan di tahun 2022 kemarin? Masih butuh self healing? Tapi kada...

Sumber Gambar: freepik.com

Tahun sudah berganti lagi, apa yang belum kamu lakukan di tahun 2022 kemarin? Masih butuh self healing? Tapi kadang kita tidak menyadari bahwa diri kita membutuhkan self healing. Pekerjaan yang membuat stres dan penuh tekanan sepertinya menjadi penyebab mengapa kita mudah stress.

Menurut Anoraga (1998), semakin tua seseorang maka orang tersebut semakin rentan mengalami stres, sedangkan menurut Gunarsa (2008) seseorang akan rentan mengalami stres pada usia 21–40 tahun dan pada usia 40–60 tahun. Memang sih, usia-usia yang disebutkan tadi sangat rentan dengan permasalahan, entah pendidikan, pekerjaan, asmara, bahkan keluarga. Maka dari itu self healing dan waktu untuk menyendiri itu sangat diperlukan untuk meng-heal luka kita.

Definisi Self Healing

Menurut Redho Dkk (2019) yang dikutip dari gramedia.com. Self healing merupakan metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan dengan menyembuhkan dan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh.

Self healing juga disebut sebagai rangkaian latihan praktis yang dikerjakan secara mandiri sekitar 15-20 menit dan sebaiknya dilakukan 2 kali dalam sehari. Pendapat lain disebutkan bahwa self healing adalah upaya yang kamu lakukan sendiri untuk menyembuhkan luka batin dan emosional. 

Menurut Tchiki Davis, MA, PhD yang dikutip dari barkley wellbeing.com, self healing artinya proses pemulihan dari luka batin yang yang buruk seperti, trauma, depresi, kecemasan, dan stres. Namun, self healing juga dapat mencakup masalah kesehatan fisik yang menyertainya. Adapun karena hubungan antara kesehatan emosional dan fisik sering dapat berjalan bersamaan. (dikutip dariskillacademy.com)

Tujuan dari self healing itu adalah untuk memahami diri sendiri, merefleksikan diri dari apa yang sudah kita lakukan. Mencoba mencari apa yang sebenarnya salah dari kita sehingga luka batin kita bisa terluka, dengan self healing tadi, kita bisa menemukan solusi terbaik yang dibutuhkan tubuh kita untuk kembali lagi.

Pentingnya Self Healing

Dikutip dari skillacademy.com ada tiga alasan mengapa self healing itu penting dilakukan:

1. Dapat mengendalikan pikiran dan emosi 

Saat melakukan aktivitas yang nyaman dengan tujuan untuk memberikan perhatian pada diri sendiri, dapat berdampak baik pada mental dan fisik. Mengontrol pikiran dan emosi adalah bagian penting dari setiap proses self healing. Adapun alasannya karena setiap tindakan, pikiran, dan perasaan itu semuanya terhubung.

3. Membuat perasaan jadi senang

Ketika emosi dan pikiran diupayakan untuk tetap berada dalam hal yang baik, maka akan membuat dirimu menjadi lebih positif. Coba hindari hal-hal yang bersifat impulsif seperti berbelanja dan menghabiskan uang. Sebagai gantinya kamu bisa beristirahat, minum air dan makanan sehat agar perasaan lebih tenang dan mengurangi stres.

3. iIsa terhubung dengan orang lain

Tidak semua orang bisa menghadapi masalahnya sendiri, terkadang ada kalanya untuk meminta bantuan orang lain untuk memecahkan masalah tersebut. Menceritakan masalah kepada orang terdekat dapat membantu memulihkan rasa stres dan kesepian yang selama ini dialami. Adapun dengan hal tersebut tentunya dapat membangun hubungan kembali dengan orang-orang yang disayangi, sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mengembalikan kepercayaan diri.

Itulah tadi mengapa akhirnya self-healing penting untuk dilakukan, karena semua luka yang hadir perlu waktu untuk menyembuhkannya. Sehingga self healing dibutuhkan untuk menyembuhkan luka tersebut, karena self healing juga akan berdampak pada kesehatan mental.

Reponsive Ads