Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

UGM, Kampus Legend di Yogya. Gimana Ya Sejarahnya?

Balariung UGM. Sumber: https://www.ugm.ac.id/en/about Universitas Gadjah Mada (UGM) tercatat didirikan pada tanggal 16 Desember 1949, namun ...

Balariung UGM. Sumber: https://www.ugm.ac.id/en/about

Universitas Gadjah Mada (UGM) tercatat didirikan pada tanggal 16 Desember 1949, namun tanggal 19 Desember dipilih karena lekat dengan peristiwa bersejarah bangsa Indonesia. Uniknya UGM ini merupakn gabungan dari beberapa sekolah tinggi, seperti Balai Perguruan Gadjah Mada, Akademi Ilmu Politik yang ada di Yogyakarta, Sekolah Tinggi Teknik, Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Pra Klinis di Klaten, dan BAlai Pendidikan Ahli Hukum di Solo.  Berdirinya UGM disahkan melalui  Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universelit.

Dikutip dari detik.com awalnya terdiri dari 6 fakultas, yaitu:

1. Fakultas Kedokteran, di dalamnya mencakup Bagian Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Kimia dan Ilmu Hayati.

2. Fakultas Hukum, terdiri dari Akademi Keahlian Hukum, Keahlian Ekonomi dan Notariat, Ekonomi dan Sosiologi, serta Akademi Ilmu Politik dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Tata Negara.

3. Fakultas Teknik, di dalamnya yakni Akademi Ilmu Ukur serta Akademi Pendidikan Guru Bagian Ilmu Alam dan Ilmu Pasti.

4. Fakultas Sastra dan Filsafat yang di dalamnya juga mencakup Akademi Pendidikan Guru Bagian Sastra

5. Fakultas Pertanian, di dalamnya termasuk Akademi Pertanian dan Kehutanan

6. Fakultas Kedokteran Hewan.

Pada waktu itu kegiatan perkuliahan masih dilakukan di Sitinggil dan Pergelaran, dengan memanfaatkan ruangan-ruangan yang ada di lingkungan Kraton Yogyakarta.

Kemudian, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1950 tanggal 14 Agustus 1950 (Peraturan Sementara tentang UGM), perguruan tinggi ini mempunyai 6 fakultas, yakni:

1. Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Farmasi

2. Fakultas Hukum, Sosial, dan Politik

3. Fakultas Teknik

4. Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat

5. Fakultas Pertanian

6. Kedokteran Hewan.

Semenjak itu banyak perubahan dan pengembangan yang terjadi pada UGM hingga akhirnya fakultas ke-18 dibentuk pada 1969. Fakultas ke-18 tersebut adalah Fakultas Peternakan yang merupakan peningkatan dari Bagian Peternakan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan. Universitas Gadjah Mada sendiri dinamakan demikian karena membawa semangat dan teladan Mahapatih Gajah Mada yang berhasil mempersatukan nusantara. Keteladanan Patih Gajah Mada itu kemudian diterjemahkan ke rumusan jati diri UGM sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas Pancasila, universitas pusat kebudayaan, dan universitas kerakyatan.

Sumber: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5861874/sejarah-ugm-genap-72-tahun-awalnya-kuliah-di-lingkungan-kraton-yogya


Reponsive Ads