Mobile Menu

navigasi

More News

Apa Itu Packaging Mockup?

Desember 18, 2021
Apa Itu Packaging Mockup? 



Dalam perjalanan bisnis, setelah kamu membuat produk dan siap dijual, ada satu langkah yang sangat penting untuk bisa meningkatkan penjualan kamu, yaitu pemilihan dan pembuatan kemasan produk.
 
Menurut sebuah survey, konsumen hanya memiliki waktu singkat yaitu sekitar 7 detik untuk memutuskan apakah mereka menginginkan produkmu atau tidak. Ini tentunya membuat kamu sebagai pelaku bisnis harus bisa menyediakan kemasan yang menarik dan fungsional. Sebab kemasan adalah hal pertama yang dilihat dan dinilai oleh konsumen. 

Dalam membuat kemasan, kamu harus bisa mengartikulasikan informasi dengan jelas, sekaligus membuatnya menarik secara visual untuk konsumen, salah satu caranya adalah mencari  Produsen kemasan standing pouch yang dapat dipercaya. Itu sebabnya, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kemasanmu sudah menarik atau belum. Hal ini bisa dilakukan melalui pembuatan packaging mockup. 

Saat ini, mungkin kamu sudah melakukan riset produk yang dibuat. Kamu telah mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen, mempelajari apa yang konsumen suka dan tidak suka, serta membuat produk dengan bahan berkualitas baik sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh mereka. 

Sayangnya, apabila produkmu memang memiliki kualitas bagus dan bisa menjawab permasalahan para konsumen, apabila tidak dikemas dengan baik dan menarik, maka konsumen tidak akan pernah tertarik untuk membelinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk membuat kemasan yang menarik dan eye-catching di mata konsumen. 

Pengertian Packaging Mockup 

Packaging mockup merupakan semacam prototype untuk kemasan spesifik yang ingin kamu gunakan untuk produk. Sebelum kamu memutuskan untuk mencetak kemasan dengan desain yang telah kamu buat, packaging mockup memungkinkan kamu untuk melihat dan memvisualisasikan kemasan sebagai bagian dari hasil akhir produk. 

Manfaat Packaging Mockup untuk UMKM 

Jika ada sesuatu yang masih kurang sesuai menurutmu ataupun tim yang membuat desain kemasan tersebut, kamu bisa melakukan perubahan yang diperlukan sebelum desain tersebut dicetak pada kemasan yang hendak digunakan. Berikut 4 manfaat dari pembuatan packaging mockup: 

1. Persepsi Visual yang Akurat 

Dengan membuat packaging mockup, kamu bisa mendapatkan representasi secara akurat mengenai tampilan desain akhir saat akan dicetak nanti. Kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai logo yang kamu tempatkan pada desain apakah sudah enak dilihat atau belum, teksnya tepat di tengah atau tidak, serta apakah warna-warna yang dipakai sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau belum. 

Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai bahan kemasan yang berbeda. Sebab setiap bahan kemasan mempunyai karakteristik sendiri dan bisa memberikan tampilan yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, penting untukmu membuat packaging mockup agar bisa memberikan gambaran yang lebih baik tentang desain yang sudah kamu buat. 

2. Meminimalisir kerugian bisnis 

Mencetak kemasan merupakan hal yang memakan biaya tidak sedikit. Ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak bisnis yang masih enggan membuat kemasan custom. Apabila kamu tidak membuat packaging mockup terlebih dahulu, lalu saat kemasan dicetak terdapat kesalahan atau hal yang kurang sesuai dengan keinginanmu, tentunya kamu akan mengalami kerugian yang cukup besar, kan? Dengan adanya packaging mockup kamu bisa menghindari hal ini dan bisa mencetak kemasan sesuai dengan desain yang sudah kamu buat tanpa kesalahan. 

3. Membangun kredibilitas 

 Untuk kamu yang membutuhkan pendanaan dari investor, adanya packaging mockup juga bisa membuat brand kamu terlihat lebih kredibel di mata para investor. Kamu bisa menunjukkan produk apa saja yang kamu jual dengan mockup yang telah kamu buat. Sehingga kamu bisa memperlihatkan bahwa kamu telah menyelesaikan seluruh proses pembuatan produk dan produk tersebut sudah siap untuk dijual di pasaran. 

4. Gambaran untuk launching produk 

Ketika produkmu sudah siap untuk launching, kamu bisa memanfaatkan packaging mockup yang telah kamu buat sehingga konsumen mengetahui bentuk dan gambaran produk yang kamu keluarkan. 

Supplier Cetak Kemasan untuk Bisnis UMKM 

Itu dia 4 manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila membuat packaging mockup bagi bisnismu. Apabila kamu sudah memiliki desain mockup yang sesuai dengan keinginan, kamu bisa langsung menghubungi supplier kemasan untuk langsung mencetak kemasanmu. Untuk kamu para pelaku UMKM, jangan bingung memilih jasa cetak kemasan karena ada Supernova Digipack. 

Kami merupakan supplier cetak kemasan yang sudah berkecimpung di bidang produksi kemasan fleksibel selama lebih dari 30 tahun. Kami memiliki beberapa jenis kemasan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, seperti: 

(1). Standing Pouch 

Jenis kemasan ini memiliki dudukan di bagian bawahnya sehingga bentuknya bisa diberdirikan. Standing pouch sangat populer digunakan untuk berbagai produk mulai dari produk makanan, kecantikan, kebersihan, hingga kesehatan. Kamu pun bisa menambahkan fitur zipper lock pada kemasan ini untuk menambah proteksi dan kenyamanan konsumen saat menggunakan produk. 

(2). Gusset 

Gusset cocok digunakan untuk kamu yang memiliki bisnis kopi, teh, ataupun susu bubuk. Memiliki lipatan pada sisi kiri dan kanan, kemasan ini umumnya dibuat dari bahan alumunium foil dan plastik sehingga bisa mempertahankan kesegaran produk yang ada di dalamnya. 

(3). Central Seal 

Apabila kamu menjual makanan ringan, maka central seal adalah pilihan kemasan yang cocok untukmu. Biasanya jenis kemasan ini akan diisi dengan nitrogen sehingga bentuknya menggembung dan bisa menjaga tekstur produk. 

(4). Three-Block Seal 

Three block seal merupakan kemasan yang memiliki segel di bagian kiri, kanan, dan bawah kemasan. Umumnya jenis kemasan ini dipakai untuk produk yang dibuat dalam kuantitas rendah atau lebih dikenal dengan nama kemasan sachet. 

(5). Vacuum Pack 

Bagi kamu yang mengelola bisnis frozen food, kemasan vacuum pack adalah pilihan yang cocok. Kemasan ini akan melalui proses vakum terlebih dahulu, yaitu proses pengeluaran oksigen dari dalam kemasan, kemudian disegel menggunakan alat bernama Vacuum Sealer. 

Seluruh kemasan yang ada di Supernova Digipack dibuat dari bahan berkualitas dan pastinya food grade, sebagai contoh: kemasan standing pouch yang kami produksi memiliki kualitas yang terjamin mutunya.  Sehingga untuk kamu yang menjual produk makanan tidak perlu khawatir akan kehigienisannya. Kami pun memanfaatkan mesin digital printing terkini yaitu HP Indigo 20000. Mesin ini mampu mencetak kemasan dengan warna sangat presisi, tajam, dan tidak mudah pudar. Di samping itu, kami menggunakan tinta solventless yang memiliki keunggulan dibandingkan jenis tinta lainnya. Tinta ini lebih ramah lingkungan sebab bisa meminimalisir jejak karbon, serta sudah tersertifikasi food safety. 

Apabila kamu ingin berkonsultasi mengenai kemasan bersama Supernova Digipack yuk langsung kunjungi booth kami di acara Food, Beverage, and Chef Festival yang berlangsung pada tanggal 3-5 Desember 2021. Acara ini diselenggarakan di De Tjolomadoe, Solo, Jawa Tengah. Kamu bisa berkonsultasi secara langsung dengan tim kami mengenai jenis dan bahan kemasan seperti apa yang cocok untuk menjaga produkmu. Akan ada mini games juga dengan berbagai hadiah menarik yang pastinya menguntungkan untuk kamu yang ingin mencetak kemasan di Supernova Digipack. 

Yuk segera lakukan registrasi kedatangan melalui website www.foodbeverageindonesia.com. Registrasi tidak dipungut biaya apapun. Pastikan juga kalau kamu sudah melakukan vaksin sebab sebelum kedatangan kamu perlu melakukan scan aplikasi PeduliLindungi, ya! Kami tunggu kedatanganmu!
Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar