Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Jadi Penyiar Radio Gak Cuma Ngomong Doang, Kenali Tugas Penyiar Radio

Sumber gambar: freepik.com Jadi penyiar radio itu tidak hanya perlu kemampuan berbicara yang baik, nyatanya jadi penyiar radio itu lebih dar...

Sumber gambar: freepik.com

Jadi penyiar radio itu tidak hanya perlu kemampuan berbicara yang baik, nyatanya jadi penyiar radio itu lebih dari ngomong. Sederahanya penyiar radio adalah orang yang bertugas untuk memandu atau membawakan program acara yang disiarkan radio.

Penyiar radio sering dianggap sebagai wajah dari stasiun radio, hal ini karena keberhasilan sebuah program siaran radio juga tergantung dari siapa penyiarnya. Penyiar radio juga bisa disebut sebagai Radio Announcer, Radio Broadcaster, Radio Presenter, Radio Host, atau Radio DJ. Orang-orang yang bekerja sebagai penyiar radio, umumnya punya kemampuan public speaking yang sangat bagus.

Selain memberikan informasi dan hiburan kepada pendengarnya tentu itu menjadi tugas utama seorang penyiar radio. Namun, tugas radio juga lebih dari menyiarkan informasi, berikut adalah beberapa tugas seorang penyiar radio:

1. Mewawancarai narasumber, dalam programnya banyak penyiar radio yang selain memberikan informasi terkait hal tertentu, kerap membawa narasumber untuk mendukung dan mendiskusikan pembicaraan terkait topik tersebut. 

2. Melakukan riset topik. tentu dalam memulai suatu siaran pasti ada topik yang memang harus dibahas, selain ditentukan oleh PD (Produser) tak jarang juga banyak dari penyiar radio mencari topik tertentu untuk dibahas sepanjang siaran.

3. Membawakan sebuah program siaran, biasanya para penyiar akan ditempatkan di satu atau beberapa program dan tugas seorang penyiar radio adalah untuk menyiarkan acara tersebut.

4. Membacakan pesan pendengar. Biasanya dalam program radio terdapat segmen untuk membacakan pesan-pesan atau menjawab telepon dari pendengar, dan penyiarnya lah nanti yang menjawab ataupun membacakan atau telepon pendengarnya.

5. Membaca berita. Selain membaca skrip atau naskah biasanya penyiar juga mempunyai tugas untuk membaca highlight berita secara singkat.

Itulah tadi penjelasan mengenai tugas seorang penyiar, tentu dalam pekerjaannya penyiar sangat membutuhkan keterampilan berbicara sebagai skill utamanya. Namun melihat tugas dari penyiar radio tadi sepertinya memiliki keterampilan berbicara  bukan satu-satunya skill yang harus dimiliki oleh penyiar radio. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki penyiar radio:

1. Mengoperasikan teknis untuk siaran

Dalam melakukan siaran terdapat beberapa software dan hardware yang digunakan untuk menunjang penyiar dalam melakukan siaran, maka dari itu penyiar dituntut untuk bisa mengoperasikan beberapa alat tersebut. Seperti komputer, mic, headphone, dan beberapa alat lainnya. 

2. Up to date

Dalam melakukan siaran biasanya seorang penyiar akan membagikan hal-hal atau informasi baru untuk para pendengarnya, maka dari itu penyiar harus memiliki informasi yang relevan mengenai satu hal yang akan dibahas.

3. Interpersonal Skill

Interpersonal skills adalah kemampuan berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Seorang penyiar harus memiliki kemampuan tersebut, karena sejatinya penyiar tidak "mengobrol" sendiri saja, ada pendengar, narasumber, dan tandem saat penyiar melakukan on air. Interpersonal skill dibutuhkan penyiar agar pelajar bisa membangun hubungan yang positif terhadap lawan bicaranya.

Sebetulnya banyak lagi skill atau kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penyiar, namuan ketiga skill tadi adalah skill utama yang diperlukan seorang penyiar. Menjadi penyiar radio mungkin menjadi profesi impian dari beberapa orang. Untuk menjadi penyiar radio juga melulu orang-orang yang berlatar pendidikan broadcast atau ilmu komunikasi, jurusan dari studi lain juga berpeluang besar untuk menjadi penyiar asal skill dan tugas seorang penyiar bisa kamu kuasai.

Referensi:

Lianovanda, Devi. 2022. Mau Jadi Penyiar Radio? Ketahui Tugas dan Skill yang Harus Kamu Kuasai. (Daring) melalui tautan https://blog.skillacademy.com/tugas-dan-skill-penyiar-radio



Reponsive Ads