Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kenapa Resolusi Tahun Baru Sering Tidak Terjalankan?

Tinggal menghitung hari tahun 2023 akan tiba, banyak yang terjadi satu tahun kebelakang ini di dunia, maupun di Indonesia. Banyak juga harap...


Tinggal menghitung hari tahun 2023 akan tiba, banyak yang terjadi satu tahun kebelakang ini di dunia, maupun di Indonesia. Banyak juga harapan-harapan baru bermunculan agar tahun depan menjadi tahun yang lebih baik dari sebelumnya.

Sederhananya Resolusi Tahun Baru merupakan harapan yang disusun agar segalanya di tahun selanjutnya dapat berjalan sesuai yang diinginkan. Dilansir dari situs Dictionary Cambridge, resolusi Tahun Baru adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk mulai melakukan sesuatu yang baik atau berhenti melakukan sesuatu yang buruk mulai dari hari pertama di Tahun Baru ini.

Tapi sadarkah bahwa banyak orang-orang yang di sosial media membagikan wishlist atau resolusi mereka di tahun baru? Memang tak semua, namun tidak akan jarang kita lihat orang-orang yang seperti itu. Banyak juga mereka yang membuat resolusi kerap mengeluh mengapa resolusi yang dibuat tidak kunjung terjadi.

Bukti penelitian yang di keluarkan University of Sranton mengungkapkan bahwa hanya delapan persen orang yang berhasil mewujudkan resolusi tahun baru. Bukan tanpa alasan bahwa banyak dari kita yang membuat resolusi namun resolusi tersebut tidak terjalankan. Sebenarnya, apa penyebab dari resolusi tersebut tidak terjalankan? Berikut penjelasannya.

1. Tujuan yang dibuat kurang realistis

Dalam menentukan tujuan baru dalam resolusi tahun baru terkadang hal tersebut kurang realistis. Seharusnya resolusi itu adalah tentang apa yang ingin kamu lakukan bukan yang "seharusnya" kamu lakukan. Jika tujuan yang ingin dicapai terlalu sulit, maka resolusi juga akan sulit dicapai.

2. Tidak memunculkan progress

Jika membuat resolusi tahun baru maka harus ada kemajuan atau progres yang hadir dalam rangka mewujudkan resolusi tersebut. Namun, terkadang dengan adanya kesibukan lain yang hadir dapat menghambat kemajuan dari resolusi tersebut.

3. Kurang perhitungan

Dalam menjalankan resolusi tentu harus dibarengi dengan perhitungan yang matang.  Kita harus memikirkan apakah mungkin dalam menjalankan resolusi tersebut dana akan tercapai juga. Sehingga penting untuk selalu konsisten dalam menjalankan resolusi tersebut.

4. Ragu-ragu

Ini adalah 'penyakit' serius dalam menjalankan resolusi. Sering kita bertanya pada diri sendiri apakah mampu menjalankan dan mewujudkan resolusi tersebut. Selalu kita hantui oleh kegagalan masa lalu yang membuat kita mengingat bagaimana pahitnya kegagalan, sehingga kita juga takut untuk memulai halaman baru. Tentu, hal itulah yang menjadi penyebab mengapa kita sering gagal dalam menjalankan resolusi tahun baru.

5. Tidak ada perencanaan yang matang

Tenty dalam mewujudkan sesuatu kita membutuhkan perencanaan yang matang, agar tujuan tersebut bisa tercapai. Begitu pula dengan resolusi, resolusi tahun baru tanpa perencanaan akan menimbulkan lebih banyak persentase kegagalan. Maka, buatlah perencanaan yang matang jika ingin mewujudkan resolusi tersebut.

Percaya atau tidak, dari seratus persen, delapan puluh persen orang sudah gagal menjalankan resolusi tahun baru (menurut Psikolog Klinis Joseph J. Luciana, Ph. D). Dari penelitian Starva juga ditemukan bahwa orang mulai malas menjalankan resolusi tahun baru di sekitar tanggal 12 Januari. Mungkin alasan-alasan tersebut juga pernah kita rasakan, maka persiapan yang sungguh-sungguh sangat diperlukan untuk mewujudkannya. Lantas harus apakah kita saat ingin mewujudkan resolusi tersebut?

1. Percaya diri dengan resolusi yang dibuat, dengan begitu kita bisa untuk terus maju dan berprogres dalam mewujudkannya.

2. Membuat perencanaan yang matang, jika terencana untuk mewujudkan resolusi tersebut. Karena terkadang kita lupa untuk membuat rencana untuk mewujudkan resolusi tersebut.

3. Membuat skala prioritas dirasa juga penting untuk menentukan resolusi mana yang harus diwujudkan terlebih dahulu, Karena tak jarang banyak orang yang membuat resolusi banyak dan akhirnya bingung harus mewujudkan yang mana, dan akhirnya gagal mewujudkan semua resolusi tersebut.

Dan itulah beberapa cara agar resolusi tahun baru yang kita buat bisa terjalankan, penting juga untuk meninjau apakah resolusi tersebut dapat dicapai atau tidak. Evaluasi juga setiap kemajuan yang dibuat maka dengan itu resolusi tahun baru bisa dijalankan. Selamat Tahun Baru. Semoga sukses menanti kita semua di tahun yang baru.

Referensi:

CNN Indonesia. 2021. 5 Penyebab Resolusi Tahun Baru Sering Gagal. (Daring) melalui tautan https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211229063929-284-739868/5-penyebab-resolusi-tahun-baru-sering-gagal

Hasibuan, Lynda. 2019. Ini 5 Alasan Mengapa Reosolusi Tahun Baru Anda Gagal Terus. (Daring) melalui tautan https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20191231185201-33-126793/ini-5-alasan-mengapa-resolusi-tahun-baru-anda-gagal-terus

https://narasi.tv/video/buka-data/kenapa-resolusi-tahun-baru-sering-gagal

Reponsive Ads