Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Literasi Digital dan Tantangannya

Sumber gambar: freepik.com Dikutip dari buku peran literasi digital di masa pandemi tahun 2021 karya Defri suherdi literasi digital merupaka...

Sumber gambar: freepik.com

Dikutip dari buku peran literasi digital di masa pandemi tahun 2021 karya Defri suherdi literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital. Kecakapan tersebut mencakup kemampuan untuk menemukan mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya.

Menurut Yudha Pradana dalam Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital (2018), literasi digital memiliki empat prinsip dasar, yaitu:

  • Pemahaman

Artinya masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan media, baik secara implisit maupun eksplisit.

  • Saling ketergantungan

Artinya antara media yang satu dengan lainnya saling bergantung dan berhubungan. Media yang ada harus saling berdampingan serta melengkapi antara satu sama lain.

  • Faktor sosial

Artinya media saling berbagi pesan atau informasi kepada masyarakat. Karena keberhasilan jangka panjang media ditentukan oleh pembagi serta penerima informasi.

  • Kurasi

Artinya masyarakat memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami serta menyimpan informasi untuk dibaca di lain hari. Kurasi juga termasuk kemampuan bekerja sama untuk mencari, mengumpulkan serta mengorganisasi informasi yang dinilai berguna. (Dikutip dari kompas.com)

Tantangan Literasi Digital

1. Arus informasi yang banyak

Tentu dengan banyaknya informasi yang masuk ke kita sulit rasanya untuk menyaring semua informasi tersebut maka dari itu literasi digital berperan untuk memecah serta memahami informasi yang tepat dan benar.

2. Konten negatif

Terdapat di pungkiri teknologi digital semakin maju sosial media bisa siapa saja yang menggunakan konten-konten yang berbau negatif seperti pornografi isu sara dan konten-konten negatif lainnya tentu menjadi tantangan literasi digital masa kini maka dari itu masyarakat maya harus bisa mengetahui mana konten yang bermanfaat dan tidak bermanfaat.

3. Timbulnya hoax

Dengan teknologi yang semakin canggih perkembangan sosial media juga sudah dirasa oleh banyak orang tentu siapa saja bisa memberi informasi. Dalam dunia jurnalistik dikenal citizen journalism yaitu orang-orang yang bukan seorang jurnalis bisa memberikan informasi secara bebas dan luas kepada masyarakat. Dengan begitu tidak dapat dipungkiri bahwa akan banyak hoax yang beredar.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai apa itu literasi digital bagaimana prinsipnya dan tantangan yang sedang dialami di masa digital sekarang ini. tertentu literasi digital perlu dipahami oleh semua orang agar sosial media tidak hanya dipenuhi dengan hal-hal negatif namun juga banyak hal-hal positif.



Reponsive Ads