Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Peran Mahasiswa dalam Kemasyarakatan

Sumber gambar: pexels.com Agent of change adalah julukan yang sangat dekat dengan mahasiswa, peran yang disematkan oleh masyarakat karena ke...

Sumber gambar: pexels.com

Agent of change adalah julukan yang sangat dekat dengan mahasiswa, peran yang disematkan oleh masyarakat karena keterlibatannya dalam mengontrol gerakan pemerintahan. Namun apakah hanya sebatas agent of change saja peran mahasiswa? 

Mahasiswa pada dasarnya mengemban banyak peran dalam bermasyarakat, mahasiswa dianggap elemen yang penting untuk kelangsungan hidup bermasyarakat. Sehingga, jika suatu hal yang blunder terjadi di pemerintahan gerakan mahasiswa lah yang ditunggu masyarakat untuk memperjelas dan memperbaiki situasi.

Dilansir dari gramedia.com mahasiswa itu mempunyai lima peran dalam masyarakat diantaranya Direct of Change, agent of Change, Iron Stock, Moral of Force, dan Social Control dalam kehidupan sosial di masyarakat. Berikut adalah penjelasan mengenai lima peran tersebut.

1. Direct of Change

Dimaksudkan bahwa mahasiswa itu akan mampu melakukan bentuk-bentuk perubahan secara langsung (direct) di kehidupan masyarakat karena Sumber Daya Manusianya yang berlimpah. Bayangkan saja di tahun ajaran 2019/2020 mahasiswa baru di Indonesia mencapai presentasi 20,1 persen dengan banyaknya kurang lebih 1,7 juta jiwa menjadi mahasiswa. Sehingga dengan banyaknya mahasiswa maka perubahan akan bisa dilakukan.

2. Agent of Change

Peran yang erat kaitannya dengan mahasiswa, bahwa sebagai agent of change mahasiswa mampu melakukan sebuah perubahan besar bagi peradaban masyarakat. Dengan ilmu, wawasan, serta rasa cintanya terhadap bangasa mahasiswa akan bisa membuat pergerakan perubahan nyata demi kesejahteraan masyarakat.

3. Iron Stock

Artinya mahasiswa akan menjadi penerus generasi dari masyarakat yang tidak akan pernah habis. Nantinya generasi baru lah yang akan menjadi pemimpin dunia, maka mahasiswa yang dibutuhkan untuk meneruskan perjuangan tersebut. Mahasiswa merupakan aset bangsa di masa depan, investasi bangsa untuk menjadi bangsa ini lebih baik dengan moral dan ilmu yang mahasiswa di perkuliahan.

4. Moral of Force

Dengan intelektual yang tinggi mahasiswa juga diharapkan mempunyai moral serta akhlak yang baik dalam bermasyarakat. Sehingga nantinya mahasiswa dapat dijadikan contoh untuk masyarakat luas, bagaimana seharusnya manusia berpikir dan bermoral, dalam rangka untuk membawa dan memperbaiki moral masyarakat.

5. Social Control

Mahasiswa sebagai controler dari segala permasalahan sosial di masyarakat diharapkan dapat membawa solusi-solusi hebat untuk memecahkan masalah tersebut. Sebagai kaum intelektual seharusnya peran tersebut tidaklah sulit dijalani oleh mahasiswa, sehingga pemikiran kritis mahasiswa diperlukan untuk memperbaiki keadaan masyarakat.

Itulah lima peran dari mahasiswa yang seharusnya semua mahasiswa terapkan pada dirinya, siap jadi mahasiswa maka siap pula untuk memberikan kontribusi hebat untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat.


Reponsive Ads