Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Perlunya OSPEK Untuk Mahasiswa Baru Itu..

Sumber gambar: pexels.com OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) merupakan satu kegiatan tradisi saat mulai memasuki bangku kuliah. O...

Sumber gambar: pexels.com

OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) merupakan satu kegiatan tradisi saat mulai memasuki bangku kuliah. OSPEK adalah kegiatan dimana mahasiswa baru diperkenalkan bagaimana bedanya dunia kampus dengan sekolah dan bedanya menjadi mahasiswa dengan siswa. Bisa dikatakan bahwa OSPEK merupakan wadah untuk transisi siswa ke mahasiswa.

Namun banyak orang yang berasumsi bahwa sebenarnya OSPEK tidak terlalu urgen untuk dilakukan, hadirnya kasus-kasus mengenai OSPEK yang "kejam" membuat masyarakat (lebihnya mahasiswa baru) tidak lagi percaya bahwa OSPEK diselenggarakan untuk orientasi mahasiswa.

Nyatanya, kasus OSPEK yang seperti itu bukanlah definisi OSPEK sebenarnya. Karena tujuan OSPEK lebih dari sekedar main-main atau ajang balas dendam senior. Dikutip dari gramedia.com 6 tujuan OSPEK adalah:

1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

2. Menambahkan wawasan bagi seorang mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang ada di kampus.

3. Memberikan pemahaman awal tentang suatu wacana kebangsaan dan pendidikan yang mencerdaskan dengan berdasarkan kepada suatu nilai-nilai kemanusiaan.

4. Mempersiapkan mahasiswa agar kemudian dapat belajar di Perguruan Tinggi dan mematuhi juga melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang kemudian terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.

5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan pada kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang kemudian nyaman, tertib, serta dinamis

6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru pada tanggung jawab akademik serta sosialnya sebagaimana tertuang di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi Untuk dapat saling beradaptasi di antara sesama mahasiswa.

Awal hadirnya kegiatan OSPEK ini di kisaran tahun 1898 hingga 1927, dimana waktu itu institusi pendidikan salah satunya STOVIA menjadikan kegiatan OSPEK sebagai ajang perpeloncoan senior ke juniornya. Namun tak lama setelah Indonesia merdeka kegiatan OSPEK dilakukan lebih formal untuk mengenalkan mahasiswa baru pada dunia kampus sebenarnya.

Sehingga, pentingnya OSPEK serta kegiatan-kegiatan dalam OSPEK memang hadir untuk tujuan yang baik, bagi mahasiswa agar mengenal lebih dalam bagaimana perkuliahan, sistemnya, dan peran apa yang harus dijalankan sebagai mahasiswa.


Reponsive Ads