Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pilih Mana, Lulus Kuliah Tepat Waktu Atau Lulus Kuliah di Waktu yang Tepat?

Sumber gambar: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/group-diverse-grads-throwing-caps-up-sky_3366984.htm#query=graduation&...

Sumber gambar: <a href="https://www.freepik.com/free-photo/group-diverse-grads-throwing-caps-up-sky_3366984.htm#query=graduation&position=1&from_view=search&track=sph">Image by rawpixel.com</a> on Freepik

Siapa yang pernah berpikir seperti ini? Sebagai mahasiswa pemikiran seperti ini pasti hadir, apalagi mereka yang sudah berada di semester tua. Lulus kuliah tepat waktu dan lulus kuliah di waktu yang tepat menjadi pertanyaan yang sulit untuk ditentukan benar salahnya, karena keduanya tidak salah juga. Semua kembali kepada pribadi mahasiswa itu sendiri, ada pribadi yang sudah membuat perencanaan dan ada yang tidak.

Realitanya Jadi Mahasiswa

Yang sudah duduk di bangku kuliah pasti telah merasakan bagaimana pahit dan manisnya kehidupan mahasiswa. Dari banyaknya tugas hingga perasaan senang saat kumpul bareng teman, semua ada suka dan dukanya. Dalam perkuliahan sendiri sebenarnya musuh terbesar mahasiswa adalah waktu, bagaimana cara mereka melewati waktu perkuliahan (yang idealnya selama 4 tahun) yang juga dibarengi dengan personal life mereka. 

Tidak hanya berbicara masa kini, masalah waktu dalam dunia perkuliahan juga berbicara tentang bagaimana masa depan mereka akan dijalankan. Semua berpacu dengan waktu, tuntutan-tuntutan dari lingkungan masyarakat sekitar juga menjadi tantangan bagi mahasiswa. Perencanan karir mereka nantinya, bagaimana mereka memikirkan untuk memulai kehidupan baru, apa yang harus mereka lakukan untuk menyenangkan orang tua setelah lulus kuliah.

Semua itu adalah masalah waktu, para mahasiswa harus pintar dalam mengatur waktu mereka, kuliah bukan hanya tentang menyelesaikan tugas dan skripsi, namun kuliah merupakan tempat para mahasiswa itu belajar bagaimana mereka dealing dengan kehidupan di luar sana.

Jika Ada Pilihan yang Lebih Baik

Semakin dekat dengan waktu kelulusan ada banyak hal yang harus direncanakan dan dikerjakan, bahkan ada juga hal yang harus dikejar. Itu semua terjadi secara natural dan akan kita lakukan tanpa sadar. Tentu, banyak rintangan dan cobaan dalam menghadapi itu semua, rencana yang sudah direncanakan seratus persen pun pasti akan ada miss dan hal itu tidak bisa dikehendaki oleh mahasiswa itu sendiri.

Jika ada pilihan untuk menunda kelulusan atau lulus segera mungkin, mana yang akan kalian pilih? Semua tergantung pada pilihan masing-masing, tantangan dan rintangan yang dihadapi masing-masing mahasiswa tentu berbeda. Prioritas mereka pun juga berbeda-beda, satu sebenarnya yang tidak boleh dijadikan alasan untuk menunda lulus kuliah: malas. 

Pilihan akan selalu ada, maka saat sudah menjadi mahasiswa kita harus bisa menentukan skala prioritas kita terhadap segala sesuatu, membuat perencanaan memang hal yang penting, namun kehendak pasti ada di tangan Tuhan, kita sebagai manusia tidak bisa menghindarinya.

Maka Akhirnya…

Satu yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa adalah menjalaninya, yakin dengan segala keputusan yang telah kita buat, berusaha agar hal-hal yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik. Kuliah memang tempat kita merasakan segala emosi: senang, bahagia, pahit manisnya hidup, suka dukanya hidup, dan emosi lainnya pasti akan kita rasakan.

Berkuliah adalah langkah kita untuk membuka segala kesempatan, melakukan segala hal, dan memperbanyak pengalaman. Relasi, ilmu, wawasan, IPK tinggi, sertifikat prestasi adalah bonusnya. Sebagai mahasiswa akhir mungkin menjadi ujian yang berat di perkuliahan, kena mental setiap hari, tuntutan yang tiada henti, overthinking sana sini, merupakan masa yang harus dilewati. 

Lulus kuliah tepat waktu atau lulus kuliah di waktu yang tepat tidak masalah mau pilih yang mana, karena kuliah yang berhasil adalah kita bisa keluar dengan membawa sebongkah pengalaman yang dapat membantu kita untuk kehidupan yang lebih nyata.


Referensi: 

Zahrah Thaybah M. 2021. Jika Diberi Dua Pilihan: Lulus Tepat Waktu vs Lulus di Waktu yang Tepat, Pilih yang Mana? (Daring) melalui tautan https://zonamahasiswa.id/jika-diberi-dua-pilihan-lulus-tepat-waktu-vs-lulus-di-waktu-yang-tepat/

Beby Nurdiana Rohman. 2019. Lulus Kuliah Tepat Waktu VS Lulus Kuliah di Waktu yang Tepat: Pilih yang Mana, Ya? (Daring) melalui tautan https://rencanamu.id/post/fun/you-have-to-see-this/lulus-kuliah-tepat-waktu-vs-lulus-kuliah-di-waktu-yang-tepat-pilih-yang-mana-ya






Reponsive Ads