Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ada Apa Saja di Prodi Ilmu Gizi?

Sumber gambar: freepik.com Apa itu ilmu gizi? Studi ilmu gizi dasarnya mempelajari mengenai pola makan (diet) yang berpengaruh pada kesehata...

Sumber gambar: freepik.com

Apa itu ilmu gizi?

Studi ilmu gizi dasarnya mempelajari mengenai pola makan (diet) yang berpengaruh pada kesehatan manusia. Dikarenakan ilmu gizi sangat melekat dengan ilmu kesehatan, ada beberapa universitas yang menaruh jurusan ilmu gizi ini di Fakultas Ilmu Kesehatan. Selain mempelajari nutrisi dan pola makan dari segi kesehatan, sebagai mahasiswa jurusan ilmu gizi kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Nantinya, sebagai ahli gizi, kamu akan sering memberi nasihat tentang pentingnya nutrisi yang tepat. Tidak hanya di posyandu atau rumah sakit, kamu juga bisa melakukannya di sekolah, universitas, gimnasium, dan lembaga olahraga.

Apa yang dilakukan ahli gizi?

Saat nanti kamu menjadi ahli gizi, kamu juga perlu memahami ukuran porsi setiap makanan dan juga memikirkan bagaimana cara menyiapkan makanan tersebut dengan baik dan tepat sesuai dengan nutrisi yang perlu dipenuhi, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein, lemak. Oleh karena itu, mahasiswa jurusan gizi melalui perkuliahan belajar bagaimana menyiapkan dan memasak hidangan sehat. 

Hal ini penting untuk calon ahli gizi saat memberikan saran dan panduan kepada pasien yang sedang menjalani diet, baik itu untuk menurunkan berat badan, membentuk otot, atau mengikuti program pemulihan setelah penyakit tertentu seperti diabetes. Tak hanya itu, pentingnya keterampilan memasak yang dimiliki ahli gizi sangat membantu ibu-ibu yang memiliki anak. Agar anak memiliki gizi yang cukup dan tidak mengalami stunting, maka peran ahli gizi adalah memberikan saran dan anjuran tentang makanan dan porsi yang perlu diikuti oleh anak untuk pertumbuhan dan perkembangan yang cepat.

List universitas terbaik dengan jurusan ilmu gizi

Universitas yang menyediakan jurusan ilmu gizi di Indonesia sudah banyak, yang berakreditasi A juga banyak. Berikut ada beberapa daftar universitas yang bisa menjadi rekomendasi kamu:

1. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Universitas Terakreditasi Unggul, Prodi Ilmu Gizi Terakreditasi A)

2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (Universitas Terakreditasi A, Prodi Ilmu Gizi Terakreditasi A)

3. Institut Pertanian Bogor (Universitas Terakreditasi A, Prodi Ilmu Gizi Terakreditasi A)

4. Universitas Airlangga (Universitas Terakreditasi A, Prodi Ilmu Gizi Terakreditasi A)

5. Universitas Gadjah Mada (Universitas Terakreditasi A, Prodi Gizi Terakreditasi A)

Berikut tadi lima daftar universitas yang bisa menjadi opsi pilihan kamu jika kamu mempunyai cita-cita masuk Prodi Ilmu Gizi.

Prospek Kerja dari Ilmu Gizi

Saat masuk Prodi Ilmu Gizi kamu tentunya mempunyai pilihan untuk berprofesi. Namun, banyak orang berspektif kalau masuk Ilmu Gizi pasti akan jadi ahli gizi. Tapi ternyata, prospek kerja dari jurusan Ilmu Gizi tidak hanya ahli gizi, berikut beberapa prospek kerja yang menjanjikan. Prospek kerja tersebut diantaranya:

1. Ahli Gizi

Lulusan ilmu gizi yang biasanya kita tahu akan bekerja di rumah sakit. Setiap rumah sakit akan mempekerjakan sejumlah lulusan ilmu gizi. Karena di RS ada unit gizi yang akan menyusun menu untuk pasien. Tugas seorang ahli gizi tidak hanya menyiapkan menu untuk pasien, tetapi juga menerapkan pola makan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kondisi pasien.

2. Peneliti

Jika kamu suka dibidang akademis gizi, kamu bisa menjadi peneliti di bidang gizi. Hasil penelitian yang kamu buat akan sangat berguna untuk ilmu pengetahuan bagi kalangan masyarakat umum, petugas kesehatan lainnya, dan mahasiswa gizi yang masih menempuh pendidikan. 

3. Sebagai Pemantau Food and Beverage 

Peluang atau prospek kerja lulusan gizi salah satunya adalah bisa menjadi crew restoran. Lain dari chef, namun tugas ahli gizi di restoran atau hotel adalah memantau keseimbangan gizi dan juga komposisinya. Sehingga menunya enak bervariasi namun kandungan gizinya lengkap.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai apa itu ilmu gizi dan bagaimana prospek kerja kedepannya. Perlu diketahui juga bahwa jurusan gizi termasuk jurusan kuliah yang memiliki banyak peminta, sehingga daya saing untuk memasuki universitas favorit juga akan ketat. Maka dari itu jangan lupa persiapkan dirimu ya.

Referensi:

https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-gizir

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-ilmu-gizi-kuliah-sampai-prospek-lulusan-seperti-apa


Reponsive Ads