Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Inilah yang Kamu Dapat Kalau Kamu Belajar di Prodi Komunikasi

Edited on Canva  Seperti yang kita tahu bahwa komunikasi adalah hal yang diperlukan makhluk hidup, karena pada dasarnya manusia adalah makhl...

Edited on Canva 

Seperti yang kita tahu bahwa komunikasi adalah hal yang diperlukan makhluk hidup, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain di dalam hidupnya, maka dari itu komunikasi adalah cara untuk menghubungkan manusia satu dan manusia lainnya.

Ilmu Komunikasi merupakan studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif. Nah, kalau di jurusan ilmu komunikasi nantinya mahasiswa akan mempelajari proses dalam menyampaikan tersebut yang dapat diterima dan dipahami oleh orang lain. Saat mempelajari komunikasi, mahasiswa jurusan komunikasi juga akan berkenalan dengan tingkatan komunikasi, seperti komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi budaya, dan masih banyak lagi. 

Kenapa harus ilmu komunikasi?

Banyak alasan yang akhirnya menjadikan jurusan komunikasi menjadi salah satu favorit jurusan bagi mahasiswa baru. Lalu, kenapa harus ilmu komunikasi? Berikut beberapa alasan mengapa harus memilih jurusan ilmu komunikasi

1. Ilmu komunikasi tidak akan lekang oleh waktu, karena dimanapun, kapanpun komunikasi selalu dibutuhkan.

2. Meraih gelar dari Jurusan Ilmu Komunikasi akan menjamin kamu untuk mampu dalam menulis, berbicara, dan mendengarkan dengan baik.

3. Prospek kerja di dunia media sangat terbuka lebar bagi lulusan ilmu komunikasi, mulai dari televisi, radio, jurnalistik hingga media digital, membutuhkan gelar sarjana komunikasi.

4. Diperlukannya PR (Public Relation) di banyak perusahaan, sehingga mahasiswa lulusan jurusan ilmu komunikasi akan sangat dibutuhkan. Karena dalam perkuliahannya, mahasiswa ilmu komunikasi akan mempelajari mengenai public relation.

5. Benefit yang akan kamu dapatkan setelah kamu selesai berkuliah adalah kamu akan mendapatkan ilmu komunikasi secara keseluruhan sehingga kamu akan lebih paham mengenai bahwa komunikasi bukan hanya “ngomong doang”.

Bagaimana kuliahnya?

Di berbagai universitas sudah banyak yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi, baik itu Fakultas Komunikasi ataupun Program Studi Ilmu Komunikasi. Seperti di UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) Universitas swasta tersebut juga menyediakan Program Studi Ilmu Komunikasi yang dinaungi oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terakreditasi A. Dalam perkuliahannya Prodi Ilmu Komunikasi tersebut menyediakan peminatan (fokus studi) diantaranya: Periklanan, Penyiaran, Komunikasi Massa (Jurnalistik), Hubungan Masyarakat dan Manajemen Komunikasi.

Selain itu banyak juga universitas negeri maupun swasta yang menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Multimedia Nusantara, Telkom University, UPN Veteran Jakarta, dan masih banyak lagi.

Sama seperti kuliah Strata 1 pada umumnya, kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi berjalan selama 4 tahun, kalau kamu sanggup kurang dari itu, lebih baik. Di semester pertama dan kedua biasanya kamu akan mempelajari mengenai ilmu-ilmu pengantar, seperti pengantar komunikasi, pengantar ilmu hukum, sosiologi, filsafat komunikasi dan ilmu pengantar lainnya.

Lanjut di semester ketiga dan keempat kamu akan mendapatkan mata kuliah yang berfokus pada studi komunikasi, seperti psikologi komunikasi, komunikasi antar pribadi, komunikasi politik dan lainnya. Di semester kelima dan keenam biasanya fokus mata kuliah sudah disesuaikan dengan fokus peminatan kamu tapi tetap ada mata kuliah lain seperti, komunikasi antar budaya, metode penelitian komunikasi, dan lainnya.

Baru di semester-semester tua tujuh dan delapan, kamu akan fokus dalam mempraktikan apa yang kamu pelajari selama tiga tahun kebelakang, yaitu kamu akan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Magang dan menyusun proposal skripsi dan akhirnya melakukan penyusunan skripsi. Perlu kamu ketahui juga saat nanti kamu lulus dari kuliah, Sarjana Ilmu Komunikasi akan mendapat gelar S.I.Kom.

Skill yang akan kamu dapatkan di Ilmu Komunikasi

Di Jurusan Ilmu Komunikasi kamu akan mempelajari banyak skill yang sebelumnya mungkin kamu belum kuasi banget, contohnya, menulis, fotografi, videografi, editing, teknik negosiasi dan persuasi, berbicara dan masih banyak lagi. Memang di ilmu komunikasi mahasiswa akan banyak belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan  baik. Tapi ingat, bahwa komunikasi tidak sekedar “ngomong” namun banyak aspek yang akan kamu ketahui ketika belajar komunikasi.

Prospek Kerja Mahasiswa Lulusan Komunikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mahasiswa lulusan komunikasi memiliki banyak prospek kerja, terutama bekerja di media. Jika kamu lulusan komunikasi dan berniat bekerja di media kamu bisa menjadi:

1. Jurnalis/Wartawan

2. Penulis Naskah

3. Produser TV

4. Editor

5. Content Writer

6. Videografer

7. Copywriter

8. hingga jadi Influencer

Luas banget kan prospek kerja dari lulusan ilmu komunikasi. Selain profesi yang disebutkan diatas, prospek kerja lulusan ilmu komunikasi lebih luas dari pada itu, kamu bisa bekerja di ranah pemerintahan, perusahaan swasta, perusahaan media, maupun agensi. Bayaran dari profesi-profesi di atas juga menjanjikan, tapi tetap semua perusahaan akan melihat kemampuanmu dalam mengevaluasi hasil kerja kamu.

Gimana, apakah kamu sudah tertarik untuk belajar dan berkuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi? Jangan lupa untuk mempersiapkan dirimu dalam menghadapi masa kuliah nanti. Good luck.

Referensi:

Salsabila Nanda. 2022. Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Ilmu Komunikasi, Yuk!. Daring melalui tautan https://www.brainacademy.id/blog/jurusan-ilmu-komunikasi

https://campus.quipper.com/majors/id-ilmu-komunikasi


Reponsive Ads