Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apa Itu Akreditasi? Berikut Daftar Universitas dengan Akreditasi Unggul di Jakarta

Sumber gambar: pexels.com Apa itu akreditasi?  Pasti kamu sering lihat, kalau banyak Universitas di Indonesia yang mengutamakan akreditasiny...

Sumber gambar: pexels.com

Apa itu akreditasi? 

Pasti kamu sering lihat, kalau banyak Universitas di Indonesia yang mengutamakan akreditasinya dalam mengenalkan universitasnya. Perlu kamu tahu bahwa akreditasi berfungsi sebagai penjamin dari kualitas dan mutu dari lulusan perguruan tinggi. 

Akreditasi dibutuhkan sebagai kualifikasi untuk calon mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. Sudah tertulis di Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia No. 28 Tahun 2005 mengenai akreditasi suatu lembaga pendidikan wajib melakukan proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. (BAN-PT). Ternyata bukan hanya perguruan tinggi yang wajib melakukan akreditasi. Program studi juga diwajibkan untuk menyelesaikan proses akreditasi ini.

Suatu Perguruan Tinggi harus dan perlu untuk melakukan proses akreditasi sebagai jaminan mutu yang akan diumumkan ke masyarakat, BAN PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Lalu sebenarnya apa tujuan dan manfaat lainnya dari peroleh akreditasi tersebut?

1. Sebagai dorongan untuk perguruan tinggi dalam terus melakukan peningkatan pada kualitas atau mutu universitasnya. 

2. Untuk para alumni, akreditasi diperlukan sebagai patokan penilaian dari berbagai perusahaan saat para lulusan tersebut ingin melamar kerja. Karena perusahaan negeri maupun swasta ingin menjaga mutu karyawannya, yang dimana kualitas di pendidikan di perguruan tingginya sangat berpengaruh.

3. Hasil akreditasi dapat digunakan sebagai masukan untuk rekomendasi transfer kredit, usulan bantuan dan alokasi dana, serta untuk pengakuan oleh instansi atau organisasi yang berkepentingan.

Regulasi penilaian akreditasi

Kini penilaian akreditasi tidak lagi A, B, ataupun C. Sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan BAN-PT bahwa instrumen akreditasi berubah menjadi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0), dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0 (IAPT 3.0). Nilai akreditasi pun berganti menjadi Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Dari Peraturan BAN-PT No. 3 Tahun 2019, berikut arti nilai-nilai akreditasi berdasarkan IAPT 3.0 dan IAPS 4.0:(dikutip dari https://blog.ecampuz.com/)

1. Predikat Unggul didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 361, dan memenuhi syarat perlu peringkat unggul.

2. Predikat Baik Sekali didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 361, tetapi tidak memenuhi syarat perlu peringkat unggul. Predikat Baik Sekali juga bisa didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 301, dan lebih kecil dari 361, dan memenuhi syarat perlu peringkat baik sekali.

3. Predikat Baik didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 301, dan lebih kecil dari 361, tetapi tidak memenuhi syarat perlu peringkat baik sekali. Predikat Baik juga bisa didapatkan jika nilai akreditasi lebih dari atau sama dengan 200, dan lebih kecil dari 301, tanpa syarat perlu peringkat.

4. Nilai lebih dari atau sama dengan 200, tetapi tidak memenuhi syarat perlu terakreditasi, baik memenuhi atau tidak memenuhi syarat perlu peringkat unggul atau baik sekali, statusnya tetap tidak terakreditasi.

5. Nilai di bawah 200, baik memenuhi atau tidak memenuhi syarat perlu terakreditasi, statusnya tetap tidak terakreditasi.

Kampus dengan akreditasi Unggul di Jakarta

Seperti yang sudah dituliskan bahwa Akreditasi Unggul adalah peringkat tertinggi yang dapat diperoleh oleh perguruan tinggi maupun program studi. Ada beberapa syarat untuk mendapatkan predikat akreditasi unggul, di antaranya terdapat bukti yang sahih terkait praktik baik pengembangan budaya mutu di perguruan tinggi, adanya perolehan status akreditasi program studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal dalam 3 tahun terakhir. Jika ada salah satu syarat tidak terpenuhi, peringkat yang akan diperoleh adalah Baik Sekali.

Berikut ini ada daftar dari Universitas Akreditasi UNggul di Jakarta, yang bisa jadi opsi kamu untuk mulai berkuliah:

1. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka merupakan universitas swasta islami yang terletak di beberapa titik lokasi di Jakarta. Kampus A UHAMKA terletak di Jalan Limau II , Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. UHAMKA berhasil mendapatkan Akreditasi Unggul dari BAN PT semenjak Juni 2022 lalu.

Disamping itu enam program studi di UHAMKA juga sudah memegang akreditasi Unggul diantaranya: Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan agama Islam, dan Prodi Bimbingan Konseling. 

2. Sekolah Tinggi Manajemen PPM

PPM School of Management atau Sekolah Tinggi Manajemen PPM terletak di Jalan Menteng Raya No 9, Jakarta Pusat. Kampus ini menawarkan program sarjana seperti manajemen bisnis dan akuntansi perusahaan, program magister, Double Degree, Fast Track, dan kurikulum kelas karyawan.

3. Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara memiliki alamat pusat di Jl K.H. Syahdan No 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta. Namun Binus telah membuka banyak cabang seperti di Alam Sutera, Tangerang, Bandung, Bekasi, Malang, hingga Semarang. Binus menyediakan beberapa fakultas diantaranya adalah Business, Art and Design, Accounting and Finance, Communication, Computing, Engineering dan masih banyak lagi.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki gedung kampus utama di bagian utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan Depok dengan wilayah Jakarta Selatan. Sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat. UI memiliki 17 fakultas, di antaranya Fakultas Kedokteran, Hukum, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Pendidikan Vokasi, hingga Sekolah Ilmu Lingkungan.

5. Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia memiliki dua lokasi kampus yakni di Jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur dan Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. UKI memiliki delapan fakultas di antaranya Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, Kedokteran, hingga Teknik dan juga ada program Pascasarjana.

6. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana terletak di tiga lokasi yakni Kampus Meruya di Jalan Meruya Selatan No 1, Kembangan, Jakarta Barat, Kampus Menteng di Jalan Menteng Raya No 29, Jakarta Pusat, dan Kampus Warung Buncit di Jalan Warung Buncit No 98, Jakarta Selatan. Universitas Mercu Buana memiliki enam fakultas dan satu sekolah pascasarjana. Jenis bidang studi yang ditawarkan Mercu Buana diantaranya Fakultas Teknik, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, Psikologi, dan Fakultas Desain dan Seni Kreatif.

7. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Universitas Negeri Jakarta atau biasa disingkat UNJ beralamat di Jalan Rawamangun Muka RT 11/RW 14 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. UNJ memiliki delapan fakultas seperti Ilmu pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan IPA, Ilmu Sosial, Teknik, Ilmu Olahraga, Ekonomi, Pendidikan Psikologi, dan satu program Pascasarjana.

8. Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanagara beralamat di Jalan Letjen S Parman No 1, Jakarta Barat. Untar memiliki 30 program studi sarjana, magister, profesi, dan doktor. Untuk sarjana di antaranya ada fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Teknik, Kedokteran, hingga Psikologi.

9. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti beralamat di Jalan IKPN Bintaro No 1 Pesanggrahan, Jakarta Selatan. STP Trisakti menyediakan jurusan S1, S2, dan S3 Pariwisata, Hospitality (D4), Industri Perjalanan Wisata (D4), Kelas Internasional, dan Kelas Ekstensi.

Berikut tadi adalah penjelasan dari apa itu akreditasi dan bagaimana penjelasan universitas mendapatkan skor untuk mendapatkan akreditasi. Melihat akreditasi dari Universitas juga sangat penting, karena seperti yang ditulis diatas bahwa akreditasi sangat penting untuk menilai bagaimana mutu dari perguruan tinggi.

Referensi:

Neneng Zubaedah, 2022, 9 Kampus di Jakarta yang Terakreditasi Unggul BAN-PT, Mana Nih Incaranmu?. Daring melalui tautan https://edukasi.sindonews.com/read/901869/211/9-kampus-di-jakarta-yang-terakreditasi-unggul-ban-pt-mana-nih-incaranmu-1664766647?showpage=all

Ecampuz.com. 2022. Arti Akreditasi Kampus A, B, C, Unggul, Baik, Baik Sekali, Tidak Terakreditasi. Daring melalui tautan https://blog.ecampuz.com/arti-akreditasi-kampus-a-b-c-unggul-baik/

Stih Sersan. 2020. 5 Alasan Mengapa Akreditasi Kampus Sangat Penting Bagi Mahasiswa. Daring melalui tautan https://siakadstih.perguruanserasan.ac.id/index.php/login/detailBerita/8

Reponsive Ads