Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ganjar Pranowo Memimpin Survei Indikator Politik 2023, Namun Prabowo Subianto Tetap Berpeluang

Ganjar Pranowo Memimpin Survei Indikator Politik 2023, Namun Prabowo Subianto Tetap Berpeluang Terkini.co.id - Lembaga survei Indikator Po...

Ganjar Pranowo Memimpin Survei Indikator Politik 2023, Namun Prabowo Subianto Tetap Berpeluang

Terkini.co.id
- Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) kembali mengumumkan bahwa Ganjar Pranowo merupakan calon presiden dengan elektabilitas tertinggi. Akan tetapi, Prabowo Subianto dianggap masih memiliki peluang untuk memenangkan pertarungan dalam pemilihan presiden 2024.

Direktur IPI, Burhanuddin Muhtadi, mengungkapkan bahwa faktor calon wakil presiden dapat menjadi penentu kemenangan dalam Pilpres 2024. Berdasarkan simulasi terbaru yang dilakukan oleh IPI, Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dapat bersaing dengan Ganjar Pranowo dari PDIP jika berpasangan dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Burhanuddin, dalam beberapa skenario, Prabowo bahkan bisa mengungguli Ganjar.

Pasangan Prabowo-Erick mengungguli Ganjar-Sandiaga dalam salah satu simulasi yang dilakukan oleh IPI. Simulasi ini mempertemukan Ganjar dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, sementara Prabowo Subianto berpasangan dengan Erick Thohir. Pasangan lain yang diuji dalam simulasi ini adalah Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

Dalam simulasi tersebut, Prabowo-Erick memperoleh kemenangan tipis dengan perolehan suara sebesar 32,8% mengungguli Ganjar-Sandiaga dengan perolehan 32,5% dan Anies-AHY dengan 24,4%. "Namun, ada margin of error," kata Burhanuddin pada 30 April 2023 dalam diskusi daring.

Indikator Politik Indonesia melaksanakan tujuh simulasi yang menghasilkan tiga kemenangan untuk pasangan Prabowo Subianto - Erick Thohir. Berikut hasil tujuh simulasi yang dilakukan oleh IPI:

Simulasi 1:
Anies - AHY: 24,4%
Ganjar - Sandiaga: 32,5%
Prabowo - Erick: 32,8%

Simulasi 2:
Anies - AHY: 23,3%
Ganjar - Ridwan Kamil: 34,9%
Prabowo - Khofifah: 31,4%

Simulasi 3:
Anies - Khofifah: 21,5%
Ganjar - Ridwan Kamil: 33,1%
Prabowo - Erick: 34,4%

Simulasi 4:
Anies - AHY: 24,1%
Ganjar - Ridwan Kamil: 37,3%
Prabowo - Muhaimin: 28,3%

Simulasi 5:
Anies - AHY: 24,5%
Ganjar - Khofifah: 32,7%
Prabowo - Erick: 33,6%

Simulasi 6:
Anies - AHY: 24,1%
Ganjar - Erick: 35,8%
Prabowo - Khofifah: 30,5%

Simulasi 7:
Anies - AHY: 23,9%
Ganjar - Ridwan Kamil: 33,3%
Prabowo - Erick: 32,9%
Survei ini dilaksanakan oleh Indikator Politik Indonesia pada 11-17 April 2023, melibatkan 1.220 responden berusia di atas 17 tahun yang terpilih melalui metode acak bertahap atau multistage random sampling.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sekitar 9 hingga 11 persen pemilih masih belum menentukan pilihan atau tidak menjawab dalam setiap simulasi. Oleh karena itu, hasil akhir masih bisa berubah. Selain Ganjar dan Prabowo, Anies Baswedan juga berpeluang untuk memenangkan pertarungan.

Hingga saat ini, PDIP belum menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Wacana duet Ganjar dan Sandiaga Uno muncul setelah PPP mengumumkan dukungan mereka kepada Gubernur Jawa Tengah tersebut. Sementara itu, Partai Amanat Nasional telah berupaya menyandingkan Ganjar dengan Erick Thohir.





Reponsive Ads