Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apakah yang dimaksud dengan berita?

Berita merupakan sebuah informasi baru atau informasi berkaitan dengan sesuatu yang sedang terjadi atau sebuah kumpulan artikel menarik yan...


Berita merupakan sebuah informasi baru atau informasi berkaitan dengan sesuatu yang sedang terjadi atau sebuah kumpulan artikel menarik yang disajikan melalui media cetak syarat internet atau disampaikan melalui individu dari mulut ke mulut. Selain itu berita merupakan laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang memiliki kebenaran, menarik, atau bagian terpenting dari bagian besar khalayak, yang disiarkan melalui media berkala seperti media internet, televisi radio surat kabar. 

Unsur Who atau siapa merupakan sebuah unsur yang akan menjelaskan Siapa saja yang terlibat dalam sebuah peristiwa yang terjadi. Misalnya saja orang-orang atau pihak-pihak yang terlibat di dalam berita harus diinformasikan secara jelas dan benar.  penempatan pada bagian awal sebuah berita biasanya mengandung pokok-pokok informasi yang terangkum dalam 6 pertanyaan yaitu  5W + 1H atau dalam bahasa Indonesia disingkat ADIKSIMBA (Apa, DImana, SIapa, Mengapa, BAgaimana).

Beberapa langkah yang harus disampaikan dalam sebuah berita adalah menentukan peristiwa yang menarik dan untuk orang banyak dengan menjelaskan beberapa maksud diantaranya adalah: (1) menentukan Sumber berita, (2) mendatangi sumber berita, (3)  mencatat fakta-fakta penting, (4) mengembangkan catatan yang menjadi teks berita secara utuh dengan memperhatikan struktur dan kaidah-kaidah yang berlaku. 

Kalimat yang sering digunakan dalam sebuah teks berita merupakan kalimat yang efektif. teks berita biasanya menggunakan kata dan kalimat yang baku singkat serta jelas. kalimat berita merupakan kalimat yang berisi dan menjelaskan tentang segala sesuatu yang terjadi di dunia.

Beberapa kegunaan sebuah berita diantaranya adalah: (1) berita merupakan sebuah informasi penting tentang peristiwa terkini, (2) manfaat sebuah berita adalah sebagai salah satu sumber untuk menambah wawasan bagi pembacanya. 

Selain memberikan informasi teks berita dapat menambah pengetahuan dan wawasan kepada khalayak ramai mengenai sebuah peristiwa yang baru saja terjadi di serta memperoleh banyak perhatian orang.

Biasanya berita dunia digunakan sebagai sebuah kumpulan informasi, cerita, atau sebuah keterangan mengenai sebuah kejadian serta peristiwa yang terjadi pada saat ini di dunia, serta berita dunia hari ini dapat memberikan informasi terkini tentang kejadian nyata yang terjadi di sekitar lingkungan kita berada.


Reponsive Ads