Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Alasan Mengapa Kita Harus Menulis

Kenapa Harus Menulis? Kayaknya pertanyaan itu jadi pertanyaan populer dari orang-orang yang gak suka nulis, iya gak sih? Ada loh orang yang...


Kenapa Harus Menulis?
Kayaknya pertanyaan itu jadi pertanyaan populer dari orang-orang yang gak suka nulis, iya gak sih? Ada loh orang yang underestimate bahwa menulis itu sebenernya gak penting-penting banget.

Tapi nyatanya menulis itu menjadi sebuah hal yang penting banget, contohnya prasasti dari kerajaan Tarumanegara di masa lampau, kalau seandainya, gak ada orang yang menulis prasasti waktu itu, gimana kita bisa tahu sejarah nusantara? Seandainya orang-orang pada zaman itu gak tulis prasasti, apa yang bisa kita pelajari dari sejarah kita? See, alasan pertama sudah jelas, kalau alasan kenapa kita harus menulis yaitu mengabadikan sejarah. 

Pak Pramoedya Ananta Toer penulis buku legendaris Bumi Manusia, beliau bilang begini "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian".

Deep banget ya? Karena menulis bisa menjadi bukti bahwa kita pernah ada. Contohnya Pak Pramoedya ini,  beliau meninggal pada tahun 2006 lalu, namun semua tulisannya sampai sekarang menjadi peninggalan yang masih dipegang, dibaca, bahkan dipelajari oleh orang banyak. 

Gak cuma sebagai bukti sejarah aja, bahkan kesehatan fisik dan mental bisa dijaga dengan menulis loh. Menulis itu gak hanya bisa dilakukan oleh penulis, kamu yang bukan penulis dan gak tertarik sama dunia menulis, bisa juga kok menulis. Menulis itu ibarat ngomong, tapi dalam tulisan.

Anything can be written, kehidupan sehari-hari sampai keluh kesah kamu bisa ditulis. Serius deh menulis tuh banyak banget manfaatnya. 

  1. Hidup jadi lebih produktif, dengan mengisi waktu-waktu luang kamu hari akan lebih terasa produktif dan  membantu otak manusia lebih fokus untuk merencanakan sebuah kegiatan. 

  2. Tempat untuk menuangkan ekspresi. Punya perasaan takut untuk cerita ke orang lain? Merasa gak enak kalau masalah sendiri diumbar? Mending kamu menuangkan segala keluh kesah, kemarahan, kesedihan kamu lewat tulisan. Gak perlu tulisan yang panjang yang malah merepotkan kamu, kamu jujur aja dengan perasaan kamu sendiri, hal itu akan melegakan kamu. 

  3. Building your own expectations. Seringnya realita itu gak seindah ekspektasi, ketika kamu bisa menciptakan ekspektasimu kedalam tulisan, kenapa gak? Dengan menulis segala imajinasi kamu bisa kamu tuangkan tanpa ada yang bantah atau mengahalanginya, hal itu jauh lebih menyenangkan ketimbang kamu selalu terpuruk karena gagalnya ekspektasi kamu di dunia nyata. 

So, gak ada alasan buat kamu gak menulis. Menulis itu seru dan menyenangkan. You never feel it when you never try it. Jadi, coba nulis dulu, rasain perasaan apa yang keluar saat kamu menulis, pelan-pelan perasaan senang akan muncul.

Referensi: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/14320/Manfaat-Menulis.html


Reponsive Ads