Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ngapain Aja Sih Jadi Content Writer?

Sumber gambar: pexels.com Content writer merupakan seorang penulis profesional yang bertugas memproduksi konten-konten menarik dan berkualit...

Sumber gambar: pexels.com

Content writer merupakan seorang penulis profesional yang bertugas memproduksi konten-konten menarik dan berkualitas dalam bentuk artikel, ebook, script, dan lainnya. Kebanyakan content writer bertugas untuk menyongsong kegiatan marketing digital. Media untuk mempublikasikan tulisan dari content writer itu beragam, mulai dari blog, sosial media, hingga website. Seorang Content Writer biasanya menulis konten yang panjang, bukan seperticopy writer yang hnya menulis dua sampai tiga kalmat, namuan Conten Writer menulisa konten yang dapat mempersuasi seorang konsumen kepada produk yang dijual. Memang sih, gak semua Content Writer itu "jual" produk, intinya content writer itu adalah mereka yang menulis sebuah konten yang menarik agar orang mau dan bisa baca kontent tersebut sampai selesai. 

Tugas Content Writer itu..

Tentu dalam membuat dan menulis konten yang menarik adalah tugas seorang Conten Writer, tapi tugasnya bukan itu saja, seorang Content Writer juga dituntut harus bisa melakukan hal lain yang berkaitan dengan penulisan konten tersbeut. Berikut ini adalah beberapa tugas daru seorang Content Writer:

1. Mencari ide

Mencari ide tentu menjadi tugas pertama seorang Content Wroter, karena bagaimana bisa seorang penulis menulis tanpa adanya ide? Penulis juga bisa memanfaatkan berbagai website di ineternet seperti, Smursh, Ubbersuggest, untuk mendapatkan kata kunci sebagai ide tulisan,

2. Melakukan riset konten

Content Writer perlu untuk melakukan riset konten dengan tujuan agar informasi yang diberikan bisa dijamin benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Riset yang baik nantinya akan membentuk satu topik terteny yang bisa ditulis menjadi satu atau lebih konten yang utuh, detail, menarik, dan unik. Sehingga penting untuk seorang penulis konten melakukan riset.

3. Menulis dan membagikan berbagai konten

Content Writer diharuskan untuk dapat membuat konten yang informatif kepada pembaca, karena bisa jadi tulisan yang dibuat dapat dijadikan bahan rujukan pembaca. Selain itu content writer juga harus dapat mengemas sebuah tulisan yang persuasif dan membuat pembaca merasa harus membutuhkan informasi yang sedang diberikan, penting juga untuk menyesuaikan tulisan yang dibuat dengan rferensi pembaca. Content Writer juga bertugas untuk membagikan konten yang sudah ditulis menggunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress, Joomla!, atau Wix.

4. Menyunting Tullisan

Content writer juga diminta untuk mengedit tulisannya sendiri namun memang tugas utama yang menyunting tulisan tersebut adalah seorang editor. Menyuntung sendiri oleh content writer dibutuhkan agar tulisan yang penulis itu buat dapat sesuai dan tidak ada kesalahan yang fatal sebelum di publish.

5. Optimalisasi SEO

Karena kebanyakan tulisan dari konten waiter itu dipublikasikan secara online, maka perlu sekiranya seorang penulisa konten harus memaksimalkan Search Engine Optimization agar tulisan penulis tersebut muncul dalam mesin pencari, sehingga tulisan yang dibuat harus SEO friendly, menyesuaikan tulisan yang dibuat dengan standar SEO.

Itulah beberapa pekerjaan ketika menjadi seorang content writer intinya kontemporer itu adalah seorang penulis yang menuliskan sebuah konten yang akan dipublikasikan pada platform digital. Perlu diketahui juga bahwa content writer menjadikan pekerjaan yang menjanjikan, karena banyak perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut.


Reponsive Ads