Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Podcast Sudah Jadi Trend di Indonesia, Ternyata Begini Awal Mulanya

Sumber gambar: pexels.com Podcast akhir-akhir ini menjadi satu trend digital yang banyak digemari, walaupun baru-baru ini podcast banyak yan...

Sumber gambar: pexels.com

Podcast
akhir-akhir ini menjadi satu trend digital yang banyak digemari, walaupun baru-baru ini podcast banyak yang mengenal, namun ternyata podcast sudah berkelana di Indonesia cukup lama. Istilah podcast ini awalnya diambil dari kata iPod dan broadcast, maka jadilah Podcast. Awal tahun 2000 podcast sudah populer di kalangan pengguna iPod, yang merupakan satu perangkat keluaran Apple yang bisa mendengarkan audio mp3.
Dulu sebelum teknologi digital secanggih sekarang, saat ingin mendengarkan podcast pendengar harus mengunduh terlebih dahulu dari blog dan mendengarkannya melalui iPod. Tidak seperti sekarang, koneksi internet sudah cepat dan banyak juga pula platform streaming untuk mendengarkan podcast. 
Walaupun baru tiga tahun terakhir di Indonesia banyak peminatnya, ternyata di tahun 2005 podcast sudah berkelana di Indonesia dengan munculnya 'Apa Saja Podcast' dari Boy Arivianto. Awalnya Avi (panggilan sapaan Boy Arivianto) membuat podcast hanya untuk mengisi waktu luangnya selama menulis tesis di Jerman. Alatnya pun juga masih sederhana dengan menggunakan perekam PDA (personal device assistant). Melihat bagaimana awal mulanya podcast dikenal banyak orang, tak salah bahwa kini Indonesia menjadi top negara dengan pendengar podcast terbanyak secara global di platform Spotify.
Sederhanya podcast atau sinar dalam Bahasa Indonesia adalah sebuah rekaman audio dengan adanya pembahasan suatu topik tertentu, seperti cerita kisah hidup, motivasi, kisah horor, sampai perbincangan gaya hidup. Semua hal itu dapat didengarkan secara on demand melalui koneksi internet. Dewasa ini juga sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat atau mendengarkan podcast seperti Spotify, Noice, Google Podcast, dan masih banyak lagi. 
Podcaster di Indonesia juga sudah banyak, dilihat dari banyaknya podcast yang tersedia di berbagai platform. Pertumbuhan podcast yang cepat di Indonesia juga hasil dari buah usaha pada kreator lokal yang melakukan berbagai strategi untuk meningkatkan pendengarnya. Semenjak November lalu, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast terbanyak di Spotify secara global. Pencapaian itu dapat diperoleh atas upaya Spotify yang mendorong kreator lokal untuk terus berkarya.
Referensi: Ristiana D Putri. 2022. Definisi dan Sejarah Podcast yang Perlu Kamu Tahu. (Daring) melalui tautan https://www.kompas.tv/article/322207/definisi-dan-sejarah-podcast-yang-perlu-kamu-tahu?page=all

Izza Namira. 2020. 7 Fakta Perkembangan Podcast di Indonesia, Makin Banyak Penggemarnya. (Daring) melalui tautan https://www.idntimes.com/tech/trend/izza-namira-1/perkembangan-podcast-di-indonesia

Reponsive Ads