Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pilihan Jurusan Kuliah Buat yang Suka Menulis

Punya hobi menulis? Atau bahkan bercita-cita menjadi penulis? Ternyata banyak loh program studi dan fakultas yang mengarah pada dunia kepenu...


Punya hobi menulis? Atau bahkan bercita-cita menjadi penulis? Ternyata banyak loh program studi dan fakultas yang mengarah pada dunia kepenulisan. Beberapa jurusan kuliah juga bisa menjadi wadah kamu untuk mengasah skill menulis dan menjadi wadah untuk perencanaan karir di dunia kepenulisan. Berikut beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang suka menulis:


1. Sastra

Di jurusan ini kamu akan berhadapan langsung dengan dunia kepenulisan, karena pada jurusan ini kamu akan dituntut untuk selalu membaca dan menulis. Bukan hanya menulis dan membaca saja, tapi di jurusan ini juga akan belajar hal-hal yang berkaitan dengan wacana kritis serta belajar menganalisis, mempelajari prosa, puisi, naskah dan lain-lain. Di jurusan ini juga banyak prospek kerja yang berkaitan dengan kepenulisan seperti, content writer, penulis naskah, penulis novel, copywriter, dan masih banyak lagi

2. Ilmu Komunikasi

Dalam jurusan ini banyak mata kuliah yang juga relevan dengan dunia kepenulisan, karena walaupun “komunikasi” mahasiswa di jurusan ini juga harus membuat tulisan dalam menyampaikan pesan/informasi ke audience. Prospek kerja dari jurusan ini juga beragam mulai dari content writer, penyiar radio, Jurnalis hingga prosedur.

3. Broadcasting/Media

Dalam bidang studi ini secara tidak langsung kemampuan menulis kamu akan diasah. Karena dalam bidang studi ini kamu akan belajar mengenai proses pembuatan ide, mengemas ide, lalu membuat ide tersebut menjadi suatu program yang jadi. Sehingga, dalam proses tersebutlah kemampuan menulis kamu akan digunakan. 

4. Jurnalistik

Tak perlu diragukan lagi, bahwa di jurusan ini kemampuan menulis kamu akan digunakan sekaligus diasah, karena dalam jurusan jurnalistik kamu akan mempelajari bagaimana mencari informasi, mengolah, dan menyebarluaskan informasi tersebut ke masyarakat luas. Di bidang studi ini pula kamu akan belajar bagaimana menulis berita yang baik untuk dipublikasikan di media-media. Prospek kerja dari jurusan ini juga sangat banyak, mulai dari Content Writer, Jurnalis, Reporter, Script Writer, Editor, dan masih banyak lagi.

5. Teater/Film

Kelihatannya jurusan banyak diremehkan, karena beranggapan bahwa lulusan dari Jurusan Teater akan menjadi aktor saja. Padahal dalam bidang studi ini kamu juga akan belajar menulis, contohnya menulis naskah, karena tanpa adanya naskah maka permainan teater atau produksi film juga tidak bisa dilakukan. 

Itulah 5 rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk kamu bila punya hobi atau bercita-cita menjadi penulis, jurusan-jurusan tersebut juga bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih karena prospek kerjanya juga banyak dan masih relevan dengan dunia kepenulisan.

Di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) juga tersedia jurusan Ilmu Komunikasi yang memilki peminatan Broadcasting, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Periklanan dan juga Manajemen Komunikasi, sehingga buat kamu yang suka menulis bisa berkuliah di UHAMKA yang sudah terakreditasi Unggul BAN-PT. Untuk info lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru silakan cek link berikut https://pmb.uhamka.ac.id/.

Reponsive Ads