Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Apakah bipolar termasuk kesehatan mental?

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati dan energi secara ekstrem, sehingga...

Bipolar adalah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati dan energi secara ekstrem, sehingga berpengaruh terhadap aktivitas. Orang dengan gangguan bipolar memiliki 2 fase dalam hidupnya, yaitu mania dan depresi. Gangguan bipolar atau mania depresif adalah gangguan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, tingkat aktivitas, konsentrasi, serta kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun gangguan bipolar tidak mempengaruhi kemampuan kogitif sehingga seseorang masih bisa berprestasi. Kondisi ini jelas berbeda dengan gangguan skizofrenia.

Gangguan bipolar adalah gangguan pada mood (emosi) yang ditandai dengan mood dramatis. Gangguan mood ini disertai dengan perubahan perilaku, pikiran, dan energi secara signifikan. Gangguan bipolar ini sifatnya kronik dan berat dan mood dapat berubah dari sangat meningkat menjadi sangat menurun. Biasanya juga dipicu oleh akibat kurang istirahat. Terlalu banyak tekanan atau stres dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan tembakau atau terlalu banyak kafein. Penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan

Perbedaan antara gangguan depresi bipolar dengan depresi adalah pada gangguan depresi bipolar harus pernah ditemukan adanya riwayat episode mood yang manik atau hipomanik sebelumnya. Sedangkan pada gangguan depresi tidak pernah ditemukan adanya riwayat episode mood manik atau hipomanik. Pengidap bipolar cenderung bertindak impulsif, berbicara banyak hal, dan tidur dalam waktu singkat. Fase mania berlangsung setidaknya 1 minggu. Jika tidak diobati, fase tersebut akan bertahan selama berbulan-bulan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) gangguan bipolar yang tidak diobati bisa memicu peningkatan risiko upaya bunuh diri dan keparahan episode perubahan suasana hati. Bunuh diri adalah faktor utama penurunan harapan hidup pada orang dengan gangguan bipolar, terutama jika kondisinya tidak diobati.


Reponsive Ads