Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Setujunya Orang Tua dengan Karir Anaknya

Dalam memutuskan karir biasanya seorang anak sudah membuat keputusannya, namun sebelum keputusan tersebut bulat diambil, anak-anak juga haru...



Dalam memutuskan karir biasanya seorang anak sudah membuat keputusannya, namun sebelum keputusan tersebut bulat diambil, anak-anak juga harus mendapatkan izin dari orang tuanya. Sebagai tanda restu agar lancar karirnya, tetapi tidak sedikit juga orang tualah yang mematahkan karir anaknya di masa depan.

Bahkan banyak juga orang tua yang sudah merencanakan dari jauh-jauh hari akan jadi apa anaknya, jika sudah seperti ini biasanya anak-anak hanya mengikut saja atau bahkan ada juga yang memberontak tidak mau ikut pilihan orang tua, karena merasa bahwa pilihannya sendiri yang terbaik.

Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menytakinkan orang tua bahwa pilihan karir sendirilah yang terbaik

  • Ajak Diskusi

Cara ini adalah yang paling ampuh kiranya untuk meyakinkan orang tua mengenai pilihan karir, dengan menjelaskan secara sederhana dan membawa bukti konkrit dengan cepat orang tua akan mengerti dan memahami keinginan anaknya. Jangan sampai jika orang tua belum bisa diberitahu malah anaknya yang emosi dan bersikukuh untuk mempertahankan keinginannya.

  • Jelaskan dengan Contoh Kasus

Orang tua tidak akan paham bila dalam penjelasan mengenai karir menggunakan istilah yang berat dan sukar dipahami. Lebih baik jika menjelaskannya dengan contoh kasus yang ada sehingga orang tua akan lebih paham. Hindari penjelasan dengan bahasa yang sukar karena perbedaan generasi yang cukup jauh bisa menjadi faktor orang tua tidak mengerti kata-kata tersebut.

  • Tawar-Menawar

Cara terakhir tapi bukan paling akhir adalah tawar-menawar, jika orang tua masih tidak bisa diyakinakan buat capaian sendiri dalam jangka waktu yang disetujui. Contohnya, jika si anak berhasil mendapatkan project dalam kurun waktu 6 bulan kerja, maka orang tua harus merestui karir yang dipilih sang anak, jika janji tersebut tidak dipenuhi maka si anak harus mengikuti penawaran orang tua. Dengan begini akan timbul win-win solution yang membuat kedua belah pihak puas.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan seorang anak kepada orang tuanya dalam rangka meyakinkan orang tua dalam pemutusan karir. Karena pada akhirnya yang menjalan karir atau pekerjaan tersebut tetaplah si anak, maka cobalah dengan sabar memberikan edukasi kepada orang tua kita terhadap pemutusan karir.

Referensi: Glints.com

Reponsive Ads