Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Transisi Dari Siswa jadi Mahasiswa, Sulit Gak Ya?

sumber gambar: pexels.com Saat menjadi mahasiswa baru semua terlihat asing dan berbeda, berstatus siswa selama 12 tahun dan tiba-tiba harus ...

sumber gambar: pexels.com

Saat menjadi mahasiswa baru semua terlihat asing dan berbeda, berstatus siswa selama 12 tahun dan tiba-tiba harus menjadi mahasiswa sungguh hal yang sangat baru. Transisi dari siswa menjadi mahasiswa membutuhkan waktu banyak bagi sebagian orang, namun ada juga yang cepat beradaptasi dengan [perubahan tersebut. 
Pengertian
Mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu atau belajar dan terdaftar pada salah satu bentuk perguruan tinggi, yang terdiri dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas, begitu kata Hartaji (2012). Mahasiswa selalu dinilai oleh masyarakat dengan statement manusia yang berintelektual, berpikiran kritis, dan cerdas dalam mengambil keputusan.
Intinya, mahasiswa adalah mereka yang mengenyam pendidikan Perguruan Tinggi dengan membawa peran-peran dalam bermasyarakat didalamnya.
Bedanya Kewajiban Mahasiswa dan Siswa
Belajar sudah menjadi kewajiban mahasiswa dan siswa dalam menjalankan perannya sebagai pembelajar di sebuah institusi. Namun yang membedakan mahasiswa dan siswa adalah peran yang dijalankan di masyarakat. Sebagai siswa mereka hanyalah bisa belajar dan mendapatkan nilai bagus agar naik kelas dan dapat melanjutkan studinya. Sedangkan mahasiswa dengan penggalan ‘maha’ didepannya sudah pasti mengemban lebih banyak peran dan kewajiban, bukan hanya untuk dirinya sendiri atau instansi saja, tapi juga untuk masyarakat luas.
Seperti yang sudah banyak dijelaskan bahwa setidaknya mahasiswa memanggang lima peran, diantaranya agent of change, direct of change, kontrol sosial, moral force, dan iron stock. Tentu peran itu hadir untuk senantiasa mensejahterakan masyarakat dan memajukan bangsa. Sudah jelas disini, bahwa mahasiswa memegang peran dan kewajiban yang tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi untuk masyarakat luas.

Harus Apa Sebagai Mahasiswa Baru?
Saat menjadi mahasiswa baru tentu rasanya akan berbeda belajar di sekolah dan universitas. Jika sudah berencana akan menjadi mahasiswa disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana iklim pembelajarannya, bagaimana pergaulannya, bagaimana harus bersikap. Karena jika tidak tahu dan tidak persiapkan, masa transisi akan terasa sulit untuk dijalani.

Tidak sedikit mereka yang sudah menjadi mahasiswa akhirnya menyerah dengan mengeluarkan diri, karena merasa belum siap betul untuk memulai perkuliahan. Menjadi mahasiswa sebenarnya tidak sulit, tetapi peran yang dibawa mahasiswa itu tidak berakhir hanya pada dirinya sendiri. Tuntutan serta tujuan-tujuan harus dilakukan agar mereka (mahasiswa) tidak tertinggal sendirian di belakang.

Reponsive Ads